Home Bisnis MARKET Pelaku Pasar Minta CTRA Meningkatkan Nilai Imbal Hasil Investasi

Pelaku Pasar Minta CTRA Meningkatkan Nilai Imbal Hasil Investasi

9
0

Beritamu.co.id- Pelaku pasar meminta PT Ciputra Development Tbk(IDX:CTRA) menambah besaran dividen guna meningkatkan imbal hasil investasi.

Analis Trimegah Sekuritas, Kharel Devin Fielim menilai CTRA masih memiliki ruang untuk meningkatkan besaran dividen yang akan diterima oleh investor.

“Jika rasio pembayaran dividen  dinaikan maka ROE(return on Equty) naik. Jika itu terjadi maka CTRA akan lebih aktratif bagi pelaku pasar,” tegas  dia dalam tanya jawab paparan publik CTRA di Jakarta, Selasa(27/6/2023).

Ia menjelaskan, CTRA hanya menganggarkan belanja modal Rp1 triliun untuk tahun anggaran 2023, tapi tapi total dividen tahun buku 2022 hanya Rp278,35 miliar atau 15 persen dari total laba bersih yang mencapai Rp1,8 triliun.

“Jadi masih ada ruang Rp500 miliar dari laba bersih tahun 2022, CTRA masih punya ruang untuk menaikan  besaran dividen,” kata dia.

Sedangkan pada akhir Maret 2023, CTRA melaporkan utang bank jangka pendek hanya Rp215,8 miliar dan utang bank jangka panjang  Rp6,1 triliun. Pada sisi lain, CTRA membukukan kas dan setara kas mencapai Rp9,133 triliun.

Baca Juga :  IHSG Sesi I Melemah -0,35 Persen di Level 7.297

Menanggapi itu, Direktur CTRA, Nanik J Santoso menjelaskan, emiten properti perlu senantiasa menjaga persedian lahan dengan menyiapkan dana karena sulit memprediksi waktu penawaran terbaik.

“Tawaran lahan banyak yang masuk, tapi banyak yang tidak sesuai harapan kita. Nah pada saat ada yang sesuai dan dana tersebut sudah kita bagikan sebagai dividen, kita kehilangan kesempatan. Jadi cash ini bukan hanya untuk capex tapi juga untuk land bank,” jelas dia.

 


https://pasardana.id/news/2023/6/28/pelaku-pasar-minta-ctra-meningkatkan-nilai-imbal-hasil-investasi/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here