Home Bisnis MARKET Menko Luhut Yakin Indonesia Bisa Jadi Negara Yang Berpendapatan Tinggi

Menko Luhut Yakin Indonesia Bisa Jadi Negara Yang Berpendapatan Tinggi

15
0

Beritamu.co.id – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan merasa yakin kalau Indonesia bisa menjadi negara yang berpendapatan tinggi (high income country) dalam 10 tahun ke depan.

Dia pun kemudian membeberkan caranya.

Salah satunya yaitu, pada tahun 2045, proporsi sektor kelautan terhadap ekonomi nasional Indonesia harus lebih dua kali lipat dan terus meningkat.

“Jadi sekarang, research ini kita kembangkan terus. Jadi semua kita, kalau kompak dan kita sibuk urus ini. Indonesia dengan perjalanan seperti sekarang ini, saya pikir dalam 10 tahun ke depan kita akan bisa high income country,” ujar Menko Luhut dalam keterangannya, Selasa (27/6).

Lebih lanjut dia menilai, bahwa penelitian itu penting.

Dan jika hal tersebut terus berjalan, maka dalam tiga dekade ke depan Indonesia bisa menjadi masuk negara maju di dunia ini.

Namun, Menko Luhut mengingatkan, hal itu bisa dicapai kalau banyak pihak kompak.

“Kita jangan saling menyalahkan dan jangan saling menjelekkan satu sama lain,” tegasnya.

Lebih lanjut Menko Luhut memaparkan, pengembangan rumput laut penting, karena itu bisa jadi biofuel, pupuk, makanan, membersihkan laut, dan bisa juga menangkap carbon emission.

Di Indonesia sendiri, ada lebih dari 200 spesies dan kita baru tiga spesies yang dikembangkan.

Baca Juga :  Per Juli 2024 Kredit Perbankan Meningkat Rp36,21 Triliun, Kredit Investasi Mendominasi

Di sinilah peran penting pelaku usaha di sektor kelautan dan kemaritiman sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi di sektor biru, menciptakan peluang usaha baru, membuka lapangan kerja, dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kita perlu menciptakan ekosistem yang kondusif bagi inovasi dan investasi di sektor biru.

Dia menjelaskan, AIS Forum dirancang sebagai platform solidaritas global dalam mengatasi tantangan kelautan secara efektif dan melalui cara-cara yang cerdas serta inovatif.

Saat ini, AIS Forum sebagai cikal bakal Organisasi Internasional, telah mampu menginisiasi kolaborasi unik di antara generasi muda di negara-negara AIS.

“Saya mendapat laporan, bahwa AIS Forum telah melakukan lebih dari 200 sesi pertukaran pengetahuan, pelatihan, dan bantuan teknis, pemberian beasiswa, hibah penelitian bersama, dan kerja sama program inovatif dengan lebih dari 300 pemangku kepentingan. Selain itu, melalui startup blue hub, telah terbentuk platform ekosistem inovasi biru yang bertujuan mewujudkan ide inovasi untuk menjadi solusi bagi negara-negara pulau dan kepulauan,” beber dia.


https://pasardana.id/news/2023/6/28/menko-luhut-yakin-indonesia-bisa-jadi-negara-yang-berpendapatan-tinggi/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here