Home Bisnis MARKET PLN Berhasil Turunkan Intensitas Gangguan Listrik Hingga 25 Persen Sepanjang 2022

PLN Berhasil Turunkan Intensitas Gangguan Listrik Hingga 25 Persen Sepanjang 2022

11
0
Beritamu.co.id – PT PLN (Persero) sudah berhasil melakukan penurunan intensitas gangguan kelistrikan pelanggan hingga lebih dari 25 persen sepanjang tahun 2022.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa capaian tersebut diperoleh dari keberhasilan perseroan dalam menurunkan durasi gangguan per pelanggan hingga 27 persen dan frekuensi gangguan per pelanggan hingga 25 persen. Menurutnya, capaian ini adalah buah dari transformasi pada sisi layanan pelanggan.

“Dalam situasi pascapandemi kami berhasil menata ulang cara pandang pengembangan bisnis yang dulunya stagnan menjadi dinamis dan forward looking. Proses bisnis yang tadinya berserak juga sudah kami streamlining sehingga pelayanan pelanggan semakin cepat dan memuaskan,” ujar Darmawan dalam keterangannya, Minggu (11/6).

Dirinya pun merinci, pada tahun 2022 PLN berhasil menurunkan System Average Interruption Duration Index (SAIDI) atau rata-rata durasi gangguan selama 122,8 menit per pelanggan. Dari target durasi padam selama 586 menit per pelanggan, PLN sukses menurunkannya menjadi 463,2 menit per pelanggan per tahun.

Sementara itu, pada saat bersamaan PLN juga berhasil menekan System Average Interruption Frequency Index (SAIFI) atau rata-rata frekuensi gangguan sebanyak 1,38 kali per pelanggan. Dari target frekuensi gangguan sebanyak 7,0 kali per pelanggan, perseroan sukses menurunkannya menjadi 5,62 kali per pelanggan per tahun.

Baca Juga :  Jepang Pastikan Dukung Program Transisi Energi di Indonesia, Pengembangan Energi Bersih dan Perdagangan Karbon

Menurut Darmawan, capaian PLN tersebut tidak terlepas dari transformasi digital di sisi pelayanan pelanggan melalui Super Apps PLN Mobile. “Dulu, proses bisnis di layanan pelanggan PLN sangat kompleks, berbelit, dan terfragmentasi karena semua dilakukan secara manual. Semua itu teratasi dengan kehadiran PLN Mobile. Bahkan kini pelanggan bisa berkomunikasi langsung dengan kami lewat fitur khusus dalam aplikasi ini,” tandasnya.


https://pasardana.id/news/2023/6/12/pln-berhasil-turunkan-intensitas-gangguan-listrik-hingga-25-persen-sepanjang-2022/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here