Beritamu.co.id – Matahari Department Store Tbk (IDX: LPPF) melaporkan telah membukukan Penjualan Kotor sebesar Rp2,7 Triliun, atau tumbuh 14,2% pada kuartal pertama 2023.
Adapun EBITDA tercatat sebesar Rp234 Miliar, yang mencerminkan normalisasi biaya sewa dan dampak penyesuaian upah minimum.
Melansir siaran pers perseroan, Selasa (18/4) disebutkan, sejak awal tahun hingga kini, Perseroan berhasil membuka 7 gerai baru menjelang Lebaran di Bekasi, Cikarang, dua gerai di Semarang, Sleman, Balikpapan, dan Bali.
Matahari sesuai rencana akan membuka 12-15 gerai baru di tahun 2023.
Gerai-gerai baru ini juga akan mendukung pencapaian Lebaran 2023 dalam portofolio gerai yang semakin berkembang, yang terdiri dari 155 gerai hingga saat ini.
Lebih lanjut diungkapkan, anggota aktif program loyalitas perseroan tercatat tumbuh mencapai 7,6 Juta, berkontribusi terhadap 81,7% dari total penjualan, memberikan peluang yang lebih luas sepanjang tahun 2023 untuk komunikasi yang tersegmentasi dengan baik
Juga disebutkan, penguatan proposisi online bagi pelanggan, dengan pertumbuhan yang kuat di bisnis marketplace dan perluasan keragaman produk di Matahari.com, menghasilkan pertumbuhan pendapatan digital yang kuat, kampanye musiman merchandising yang sedang berlangsung dengan koleksi produk yang dipersiapkan dengan baik, investasi pada staf dari Matahari dan vendornya, serta program pemasaran penuh sepanjang Maret dan April 2023.
Sebelumnya, pada tanggal 29 Maret 2023 lalu, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) menyetujui seluruh usulan yang dimaksudkan untuk memaksimalkan nilai pemegang saham.
Rapat antara lain menyetujui pembagian dividen sebesar Rp525 per saham dari Laba Bersih 2022.
Selain itu, RUPST juga menyetujui kelanjutan program pembelian kembali saham hingga 28 September 2024.
“Matahari berkomitmen untuk meningkatkan pengembalian bagi pemegang saham. Kami gembira memulai tahun ini dengan 7 gerai baru, yang secara efektif mendukung interaksi kami dengan pembeli di musim utama Lebaran. Pada saat yang sama, kami senang melihat kemajuan kami dalam inisiatif omni-channel dan perkembangan jumlah anggota aktif program loyalitas yang membuka kesempatan lebih luas bagi komunikasi yang tersegmentasi dengan baik. Dengan kemajuan ini, kami yakin pada prospek jangka panjang kami yang positif,” tandas Terry O’Connor selaku Wakil Presiden Direktur dan CEO Matahari.
https://pasardana.id/news/2023/4/20/matahari-laporkan-penjualan-kotor-tembus-rp2-7-triliun-di-kuartal-i-2023/