Home Bisnis MARKET Minta Maaf, Menhub Dukung KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Proyek Jalur Kereta

Minta Maaf, Menhub Dukung KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Proyek Jalur Kereta

15
0

Beritamu.co.id – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi angkat suara terkait dugaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus suap di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) khususnya Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), juga terkait dengan proyek pembangunan jalur kereta Makassar-Parepare.

Kepada semua pihak, Menhub menyatakan permintaan maafnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menhub berjanji akan melakukan audit untuk memastikan proyek-proyek yang diindikasikan tersebut tetap memenuhi persyaratan keselamatan dan kelaikoperasian.

“Kami juga akan melakukan peningkatan pengawasan terhadap penyelenggaraan proyek-proyek infrastruktur lainnya, dan memastikan kualitasnya untuk menjamin keselamatan transportasi,” ujarnya yang dikutip, Kamis (13/4).

Menhub juga menyampaikan akan siap sedia mendukung langkah yang dilakukan oleh KPK dalam mengungkap kasus tersebut.

“Kami siap bekerja sama serta mendukung KPK dan pihak terkait lainnya untuk menuntaskan kasus ini,” imbuhnya.

Menhub dengan tegas tidak akan menoleransi tindakan yang bertentangan dengan upaya pemberantasan korupsi dan akan menindak tegas jajarannya jika terjadi pelanggaran.

“Kami berkomitmen untuk turut memberantas korupsi khususnya di lingkungan Kemenhub, dengan terus mengingatkan seluruh jajaran mengenai integritas dan tata kelola yang baik, serta melakukan peningkatan pengawasan oleh fungsi terkait,” kata dia.

Baca Juga :  ANALIS MARKET (22/12/2022) : IHSG Diperkirakan Cenderung Menguat

Dalam pemberitaan sebelumnya, KPK menyebut dugaan suap di DJKA Kemenhub juga terkait dengan proyek pembangunan jalur kereta Makassar-Parepare yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Rabu (29/3/2023).

“Sudah seperti yang saya bacakan tadi, saya jelaskan bahwa itu (Makassar-Parepare) ada keterkaitan,” kata Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak dalam konferensi pers di KPK, Kamis (13/4).

Kasus tersebut kemudian dikembangkan hingga suap di proyek pembangunan dan perawatan di sejumlah wilayah Jawa dan Sumatera.

 


https://pasardana.id/news/2023/4/14/minta-maaf-menhub-dukung-kpk-tuntaskan-kasus-korupsi-proyek-jalur-kereta/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here