Home Bisnis MARKET Kemenhub Pasikan Bandara Oksibil Tetap Beroperasi Biasa

Kemenhub Pasikan Bandara Oksibil Tetap Beroperasi Biasa

21
0

Beritamu.co.id – Pasca terjadinya insiden penembakan pesawat kargo Trigana Air pada 9 Januari 2023 pukul 01.45 UTC atau 10.45 WIT lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, Bandara Oksibil di Papua tetap beroperasi seperti biasa. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Maria Kristi Endah Murni mengatakan, beroperasinya bandara Oksibil ini karena alasan kemanusiaan.

Hanya saja, pihaknya masih meningkatkan keamanan. 

“Bandara Oksibil tidak aerodrome close atas pertimbangan kemanusiaan, supply chains, dan berdasarkan hasil koordinasi dengan direktorat teknis, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) serta AirNav Notam untuk peningkatan kewaspadaan karena alasan keamanan,” ujar Kristi lewat keterangan tertulis pada Rabu, (11/1/2023).

Dia pun mengatakan, kalau insiden penembakan pesawat kargo Trigana Air di Bandara Oksibil sedang diselidiki.

“Saat ini tengah diselidiki pihak berwenang,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemenhub menyampaikan, kondisi keamanan di Bandara Oksibil saat ini belum kondusif.

Seusai kasus penembakan itu, TNI/Polri terus melakukan penyisiran di sekitar lokasi penembakan.

Sedangkan daerah di sekitar bandara (airside dan landside) telah diamankan dari Kopasghat TNI-AU. 

Selain itu, untuk memastikan aspek keselamatan dan keamanan di bandara, pihaknya berkoordinasi dengan Kepala Polres Pegunungan Bintang, untuk menjamin keamanan operasional penerbangan di Bandara Oksibil.

Baca Juga :  Kampanye Makan Siang dan Susu Gratis Bikin Risiko Ketidakpastian Kebijakan Fiskal Meningkat

“Hasil dari koordinasi, sampai saat ini kondisi di Bandara Oksibil dinyatakan belum kondusif dari sisi keamanan, dan aparat setempat tidak bisa memberi jaminan keamanan secara menyeluruh. Karena potensi gangguan sudah mendekati kawasan bandara dan operasi penerbangan sudah mulai terganggu, pihak AirNav berencana melakukan evakuasi personel yang bertugas dan mengefektifkan pelayanan informasi penerbangan dengan menerapkan TIBA,” bebernya.

Lebih lanjut Kristi berharap, kondisi di Bandara Oksibil kembali aman dan terkendali sehingga bandara dapat beroperasi penuh untuk penerbangan.

“Kami mengimbau kepada rekan-rekan yang bertugas di Bandara Oksibil untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi perlindungan dan kondisi kembali kondusif,” pungkasnya.

 

.


https://pasardana.id/news/2023/1/11/kemenhub-pasikan-bandara-oksibil-tetap-beroperasi-biasa/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here