Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo melaporkan, total 4.407.277 orang atau rata-rata 244.849 penumpang per hari yang menggunakan kereta api selama libur Nataru atau tepatnya selama 18 hari sejak 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023.
“Pada Nataru 2022/2023, KAI melayani 2.320.614 pelanggan KA Jarak Jauh dan 2.086.663 pelanggan KA Lokal. Jumlah pelanggan tersebut melebihi 10 persen dari target yakni 4.007.878 pelanggan. Adapun jika dibandingkan dengan tempat duduk yang disediakan sebanyak 5.382.932 tempat duduk, okupansi Nataru 2022/2023 cukup baik dengan mencapai 82 persen,” kata Didiek dalam keterangan tertulis, Senin (9/1/2023).
Menurut Didiek, tingginya jumlah penumpang ini dipengaruhi peningkatan jumlah perjalanan kereta api. Ia mengatakan, total perjalanan KA Jarak Jauh dan KA Lokal yang dioperasikan adalah sebanyak 8.871 perjalanan atau rata-rata 492 perjalanan KA per hari.
Jumlah ini, kata dia, meningkat 31 perden dibandingkan jumlah perjalanan KA pada periode Nataru 2021/2022 sebanyak 6.757 perjalanan KA atau rata-rata 375 perjalanan KA per hari.
“Di samping itu, melonjaknya volume pelanggan di masa Angkutan Nataru 2022/2023 dibanding periode Nataru 2021/2022 juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi yang semakin membaik. Pada Nataru tahun ini, pelanggan tidak lagi diwajibkan melakukan PCR atau Antigen untuk naik kereta api seperti di tahun sebelumnya,” ujarnya.
Didiek mengatakan, meski terjadi peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan Nataru 2021/2022, volume pelanggan KAI di masa Nataru 2022/2023 ini masih lebih rendah 26 persen dibanding masa libur Nataru sebelum Pandemi yaitu tahun 2019/2020 sebanyak 5.919.918 pelanggan.
“Secara bertahap diharapkan mobilitas masyarakat dapat kembali pulih di tengah kondisi yang semakin membaik,” kata Didiek.
https://pasardana.id/news/2023/1/10/penumpang-kereta-api-meningkat-123-persen-selama-libur-nataru-2022-2023/