Home Bisnis MARKET Citra Karya Raih Pembiayaan Tol Cisandawu Seksi 4-6 Senilai Rp5,5 Triliun

Citra Karya Raih Pembiayaan Tol Cisandawu Seksi 4-6 Senilai Rp5,5 Triliun

30
0

Beritamu.co.id – PT Citra Karya Jabar Tol, anak usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (IDX: CMNP) meraih pembiayaan Sindikasi Berdasarkan Prinsip Musyarakah Mutanaqishah (MMq) untuk proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (IDX: BRIS) dan PT Sarana Multi Infrastruktur.

Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol, Jusuf Hamka mengatakan, fasilitas sindikasi bank menggambarkan kepercayaan Perbankan kepada perseroan selaku operator Tol Cisumdawu.

“Dana yang diberikan dapat menggenjot penyelesaian konstruksi Seksi 4 hingga 6 serta Dawuan Junction,” kata Jusuf kepada media, Rabu (28/12/2022).

Ia bilang, tujuan pemberian fasilitas pembiayaan MMq untuk Pembiayaan Investasi (Refinancing) atas Hak Konsesi Pengusahaan Jalan Tol  Ruas Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan seksi 3,4,5, dan 6 termasuk Junction Dawuan sesuai dengan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol dengan total nilai Rp5,5 triliun, dan dengan jangka waktu 15 tahun.

Pekerjaan Tol Cisumdawu Seksi 4,5 dan 6 serta Dawuan Junction saat ini tengah dalam proses pekerjaan.

Pembangunan Tol Cisumdawu terdiri dari enam seksi yang dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun.

Baca Juga :  Perluas Jangkauan Investor, SMF Gandeng BRI Danareksa Sekuritas Hadirkan Produk EBA Ritel di Aplikasi BRIGHTS

Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sedangkan Seksi 3 hingga 6 dikerjakan oleh PT CKJT selaku pengelola jalan tol.

Tol Cisumdawu terdiri 6 bagian. Seksi I Cileunyi-Rancakalong dirancang sepanjang 11,45 Kilometer, Seksi II Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,05 kilometer, dan Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer.

Kemudian Seksi 4 Cimalaka-Legok membentang 8,20 kilometer, Seksi 5 Legok-Ujungjaya sepanjang 14,9 kilometer, dan Seksi 6 Ujungjaya-Dawuan sepanjang 6,06 kilometer.

Sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), pengerjaan Tol Cisumdawu terus digenjot agar segera terselesaikan karena memiliki manfaat yang signifikan bagi masyarakat di kawasan Jawa Barat.

Tol Cisumdawu Seksi 1 telah diresmikan dan beroperasi pada awal tahun 2022, sedangkan Seksi 2 dan 3 telah beroperasi secara fungsional pada 15 Desember 2022 lalu untuk mendukung kelancaran lalu lintas dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru.

 


https://pasardana.id/news/2022/12/28/citra-karya-raih-pembiayaan-tol-cisandawu-seksi-4-6-senilai-rp5-5-triliun/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here