Home Bisnis MARKET Pembangunan Bendungan Temef di NTT Ditargetkan Rampung Pada 2023

Pembangunan Bendungan Temef di NTT Ditargetkan Rampung Pada 2023

17
0

Beritamu.co.id – Progres pembangunan bendungan Temef yang berada di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mencapai 68,49 persen.

Bendungan yang dibangun sejak 2018 tersebut ditargetkan selesai pada 2023 mendatang dan direncanakan dapat mulai pengisian air bendungan sekitar Agustus 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berpesan agar dilakukan penghijauan di samping pembangunan yang dilakukan. Itu menjadi indikator penilaian suatu konstruksi bagus atau tidaknya, sehingga bendungan harus dilakukan pengamanan lereng serta penghijauan.

“Jangan biarkan tanah yang telah digali/dikupas terbuka, tetapi langsung ditutup. Tanami dengan pohon buah-buahan dan bambu untuk mencegah terjadinya longsor,” kata dia dalam keterangannya, dikutip Senin (3/9/2022).

Menteri Basuki juga menyampaikan pesan kepada generasi muda PUPR yang bertugas untuk memamfaatkan betul pengalamannya dilapangan agar dapat meningkatkan kemampuan teknisnya.

“Pelajari betul proses pembangunan bendungan ini, lalu bandingkan dengan teori yang didapat selama kuliah. Pelajari secara detail. Anda semua harus bisa jadi ahli bendungan,” ujarnya.

Baca Juga :  Untuk Jadi Perawat, Pemerintah Bakal Kirim 271 Pekerja Migran Ke Jepang

Sebagai informasi, bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 45,78 juta m3, yang akan mengairi irigasi seluas 4.500 hektare (ha), mereduksi banjir 230 m3/dt dan menyediakan air baku dengan debit 0,13 m3/dt serta menjadi potensi listrik mencapai 1 MW.

Plt Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) NT II Feriyanto Pawenrusi mengungkap, pembangunan Bendungan Temef menelan biaya sekitar Rp 2,7 triliun. Progres pengerjaannya pun dibagi menjadi empat paket pekerjaan, yakni paket 1 dikerjakan PT Waskita Karya-PT Bahagia Bangun Nusa, KSO dan paket 4 oleh PT Waskita Karya-Bahagia-Guntur, KSO meliputi pekerjaan bangunan pengelak, bendungan utama, hidromekanikal dan bangunan fasilitas.

Untuk paket 2 dan 3 dikerjakan PT Nindya Karya-PT Bina Nusa Lestari, KSO yang meliputi pekerjaan bangunan pelimpah dan jalan akses. “Saat ini progres konstruksinya secara keseluruhan sebesar 68,49 persen dan ditargetkan seluruhnya rampung pada 2023, yang direncanakan dapat mulai pengisian air bendungan (impounding) sekitar Agustus 2023,” tandasnya.


https://pasardana.id/news/2022/10/3/pembangunan-bendungan-temef-di-ntt-ditargetkan-rampung-pada-2023/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here