Home Bisnis MARKET Protemus Capital Gandeng Geneva Capital Garap Pasar Merjer Akuisisi

Protemus Capital Gandeng Geneva Capital Garap Pasar Merjer Akuisisi

42
0

Beritamu.co.id Aksi Korporasi berupa merjer dan akusisi dalam tahun tahun kedepan masih akan marak di sektor telekomunikasi dan perbankan. Setelah itu, sektor konsumer juga akan menjadi incaran para pemodal asing.

Menurut  Pendiri Protemus Capital, Wiljadi Tan, sektor konsumer akan dilirik pemodal dalam rentang 2- 3 tahun mendatang karena bonus demografi Indonesia.

“Contoh sektor konsumer yang dilirik pemodal seperti food and Baverage. Potensinya besar sekali,” kata dia pada saat konferensi pers, di Jakarta, Rabu (21/9).

Melihat potensi itu , kata dia, Protemus Capital, selaku penasehat merjer dan akuisisi perusahaan  telah mengandeng Geneva Capital Group (GCG) Global Network, sebuah jaringan penasihat merjer dan akusisi dan investment banking, yang berada di 63 lokasi di seluruh dunia dan telah membukukan lebih dari 4.500 transaksi dengan nilai sekitar USD 64,6 milliar.

Wiljadi Tan  mengatakan,  dengan masuk  jaringan Geneva Capital Group (GCG) akan memperkuat kapasitas dalam menggarap potensi merger dan akuisisi terutama atas investor internasional.

“Kami percaya bahwa potensi M&A masih akan terus bertumbuh di tengah kondisi pandemic sekalipun.” jelas  Wiljadi

Lebih lanjut Wiljadi Tan menjelaskan, Protemus Capital fokus menangani transaksi M&A dengan nilai

antara USU 50 – 60 juta, meskipun ada beberapa transaksi yang memiliki nilai lebih kecil dari kisaran

Baca Juga :  Inflasi Masih Tinggi, Kemendag Berencana Naikkan HET Minyakita Jadi Rp15.000/Liter

tersebut.

Ia menambahkan, beberapa bulan lalu, Protemus Capital bersama salah satu aliansi di Surabaya, baru saja menyelesaikan transaksi divestasi pada perusahaan pabrik keramik. Perusahaan tersebut diakuisisi oleh sebuah grup usaha yang memiliki lini bisnis utama dalam produksi bahan bangunan dan telah memiliki beberapa perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

“Protemus juga tengah membantu sebuah perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang

infrastruktur Fiber Optic (FO) dalam divestasi aset dan bisnisnya kepada salah satu anak usaha dari

perusahaan publik PT Sarana Menara Nusantara Tbk (IDX: TOWR). Nilai transaksi tersebut sebesar Rp 801 milliar untuk 10.745 km tertagih,” papar dia.

Ia melanjutkan, protemus juga aktif memberikan advis bagi perusahaan multinasional yang ingin menembus pasar Indonesia.

 Saat ini Protemus sedang membantu sebuah perusahaan multinasional dari Eropa terkait rencana akuisisi ke pasar telematics di Indonesia.

“Protemus memberikan gambaran menyeluruh pasar telematics, pemain yang ada, dinamika persaingan, tren ke depan termasuk perspektif legal dan pajak atas transaksi akuisisi di Indonesia.” pungkas dia.

 


https://pasardana.id/news/2022/9/21/protemus-capital-gandeng-geneva-capital-garap-pasar-merjer-akuisisi/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here