Home Bisnis MARKET Tumbuh Positif, Investasi Dana Pensiun Naik Jadi Rp322,51 Triliun

Tumbuh Positif, Investasi Dana Pensiun Naik Jadi Rp322,51 Triliun

24
0

Beritamu.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, nilai investasi dana pensiun per Juli 2022 mencapai Rp322,51 triliun.

Diharapkan, jumlah investasi tersebut bisa terus meningkat di masa mendatang.

“Investasi dana pensiun tumbuh positif secara tahun ke tahun sebesar 2,99 persen dengan total nilai investasinya per Juli 2022 mencapai Rp322,51 triliun,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ogi Prastomiyono, seperti dilansir Antara, Rabu (14/9/2022).  

Dijelaskan Ogi, posisi pendanaan Dana Pensiun Pemberi Kerja dan Program Pensiun Manfaat Pasti juga meningkat sebesar 0,72 persen dibandingkan dengan posisi per Juli 2021, hingga mencapai angka 95 persen.

Menurut dia, OJK akan memperkuat organisasi di internal Lembaga Jasa Keuangan Non Bank (LJKNB), termasuk dana pensiun, melalui penguatan sisi good corporate governance dan penerapan manajemen risiko yang efektif dalam melaksanakan kegiatan usaha.

“Selain itu, OJK juga mendorong LJKNB untuk melakukan penguatan core functions sehingga didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten, antara lain; di bidang aktuaria, akuntansi, dan audit internal,” katanya.

Baca Juga :  Indeks Nikkei Naik 0,24 Persen

OJK juga akan memperkuat sisi lembaga profesi penunjang dan asosiasi industri di sektor IKNB, karena berbagai lembaga profesi penunjang, seperti; akuntan publik, aktuaris, maupun penilai merupakan salah satu pilar penting dalam menjaga keberlangsungan sektor IKNB, khususnya penegakan kode etik profesi dan pengembangan kompetensi SDM.

Demikian pula halnya dengan peran asosiasi dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap para anggotanya, khususnya yang terkait dengan aspek perlindungan konsumen.

Ogi menambahkan, OJK juga akan memperkuat perannya dalam mengatur, mengawasi, dan melindungi konsumen sektor jasa keuangan.

“Melalui penerapan pengawasan secara terintegrasi dan penguatan pengawasan pada LJKNB bermasalah, dengan mengedepankan tiga perilaku kunci OJK, yaitu proaktif, kolaboratif, dan bertanggung jawab,” tandasnya.

 


https://pasardana.id/news/2022/9/14/tumbuh-positif-investasi-dana-pensiun-naik-jadi-rp322-51-triliun/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here