Home Berita Pilihan Manfaat Mengkonsumsi Buah Mengkudu

Manfaat Mengkonsumsi Buah Mengkudu

36
0

Manfaat Mengkonsumsi Buah Mengkudu. Mengkudu, buah yang dikenal dengan aroma yang sangat khas. Meskipun aroma dari buah ini kurang begitu enak namun manfaat mengkonsumsi buah mengkudu memang cukup dirasakan untuk membantu berbagai keluhan tubuh. Mulai dari kanker, menjaga stamina, mual, muntah. Namun anda perlu hati-hati bila dalam keadaan hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah mengkudu karena akan mempengaruhi perkembangan janin anda.

Mengkudu merupakan sejenis pohon cemara tropis yang biasa dijumpai di Kepulauan Pasifik, India, Australia, dan Asia Tenggara. Buah ini mengandung sejumlah fitokimia, yaitu zat pada buah-buahan yang bisa mencegah penyakit. Jenis fitokimia yang terdapat dalam buah mengkudu antara lain asam lemak, lignan, alkaloida, beta-sitosterol, flavonoid, dan iridoid. Menurut penelitian, belum ada cukup bukti yang kuat untuk menyimpulkan efek positifnya pada kesehatan.

Tidak hanya itu saja, namun mengkudu juga banyak mengandung nutrisi-nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B3, potasium, kalsium, katekin, damnacanthal, sodium, zat besi, serat, dan karbohidrat.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Mengkudu

Orang-orang dahulu sering mengkonsumsi buah ini lantaran mereka mempercayai bahwa buah ini mampu mengatasi berbagai penyakit, antara lain pilek, sakit kepala, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, rematik, alergi, infeksi, peradangan, penyakit jantung, psoriasis, HIV, kanker dan lain-lain.

Simak Juga:

Di Indonesia sendiri, mengkudu sudah diproduksi dalam bentuk kapsul, bubuk, teh, jenis minuman, dan kosmetik. Produk-produk tersebut pun sudah teregistrasi di BPOM RI.

Inilah Khasiat Mengkudu Dipandang dari Dunia Medis

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengaji khasiat mengkudu. Penelitian menunjukkan hasil yang positif, namun hanya berlaku pada hewan dan studi laboratorium. Namun untuk dikonsumsi manusia, penelitian baru saja dimulai. Jadi belum ada pembuktian medis yang kuat untuk keabsahan manfaat mengkudu dalam mengatasi berbagai kondisi pada manusia.

Baca Juga :  OPEC+ akan sedikit tingkatkan produksi minyak pada September

Berikut beberapa kajian mengkonsumsi mengkudu bagi manusia

Penelitian tahap awal merekomendasikan untuk mengonsumsi 6-8 gram mengkudu tiap hari. Hal itu mungkin bisa membantu tingkat energi dan mengurangi rasa sakit pada penderita kanker stadium lanjut. Meski begitu, mengkudu belum terbukti berdampak positif pada ukuran tumor.Meningkatkan stamina. Minum jus yang mengandung campuran mengkudu, anggur, dan blackberry selama 21 hari bisa meningkatkan stamina pelari jarak jauh saat latihan.Gangguan pendengaran. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus mengkudu sebanyak empat ons tiap hari selama tiga bulan tidak meningkatkan pendengaran wanita yang mengalami gangguan pendengaran.Mual dan muntah pasca operasi. Menurut penelitian, mengkudu bisa mengurangi mual pascaoperasi. Tapi sepertinya tidak berpengaruh dalam mengurangi gejala muntah-muntah.Tekanan darah tinggi. Penelitian awal menunjukkan bahwa dengan meminum empat ons jus mengkudu Tahitian tiap hari selama sebulan, dapat mengurangi tekanan darah pada orang yang memiliki kondisi tersebut.Minum tiga ons jus mengkudu Tahitian tiap hari selama 5 bulan dapat mengurangi kebutuhan untuk mengonsumsi obat pereda rasa sakit pada penderita osteoartritis.

Selain untuk kondisi-kondisi di atas, penelitian lebih lanjut juga masih diperlukan untuk kondisi seperti batuk, sakit perut, diabetes, konstipasi, maag, masalah pada organ hati, migrain, infeksi, gangguan pencernaan, gangguan ginjal, katarak mata, asma, depresi, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan kondisi lainnya. [Yuni Hastuti – WartaSolo.com]



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here