Home Bisnis MARKET Jadi Tuan Rumah KTT G-20, Presiden Jokowi Cek Kesiapan ke Bali

Jadi Tuan Rumah KTT G-20, Presiden Jokowi Cek Kesiapan ke Bali

24
0
Beritamu.co.id – Presiden Joko Widodo  melakukan pengecekan kesiapan sejumlah fasilitas dan infrastruktur yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Provinsi Bali, Kamis (2/12). Peninjauan itu dilakukan Presiden seiring telah resminya Indonesia memegang Presidensi G-20 untuk periode 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

Jokowi mengatakan, Indonesia sebagai Presidensi G-20 ingin membuktikan kuatnya komitmen dalam upaya perubahan iklim. Hal itu salah satunya ditunjukkan dengan keseriusan dalam merehabilitasi hutan mangrove, merestorasi hutan gambut, dan merestorasi lahan-lahan kritis.

“Saya kira komitmen yang ingin kita tunjukkan secara konkret secara real di lapangan dan nanti 20 kepala negara akan kita ajak semuanya ke sini,” kata Jokowi, kemarin.  Seperti dikutip dari siaran resmi Istana, Kamis (2/12).

Presiden dalam kunjungannya ke Bali juga meninjau infrastruktur jalan, jalur pedestrian, jembatan, dan sejumlah lokasi di kawasan Nusa Dua. didampingi Ibu Negara Iriana berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma. Rombongan kepresidenan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung.

Mantan Wali Kota Solo itu juga akan mengecek kesiapan salah satu destinasi wisata. Ia akan mengunjungi Uluwatu pada malam hari. “Pada malam harinya, Presiden direncanakan akan meninjau Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park yang terletak di Uluwatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung,” tutur Sekretariat Presiden.

Plt Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dyah Murtiningsih menyampaikan, rehabilitasi mangrove merupakan bentuk kerja sama dengan berbagai pihak. Dyah optimistis hutan mangrove tersebut akan siap dikunjungi para pemimpin delegasi G-20.

Baca Juga :  Kilang Minyak Pertamina Kebakaran Lagi, Ahok Bakal Bentuk Direktorat Khusus Keselamatan Kerja

Ia menambahkan, KLHK juga telah mengundang para ahli untuk membahas persemaian mangrove yang akan dibangun di lokasi yang sama. “Kita optimistis karena kami dan kementerian lain bersama-sama membangun, sehingga pada saatnya yaitu pada Oktober, kita sudah akan siap untuk menerima kunjungan dari anggota G-20,” kata Dyah.

Dyah mengatakan, upaya ini bertujuan untuk memperlihatkan kepada dunia mengenai keseriusan Indonesia dalam upaya rehabilitasi mangrove. Dia menjelaskan, Taman Hutan Raya Ngurah Rai dulunya merupakan tambak terbuka pada 1992. “Lalu, dengan upaya yang sangat maksimal, lokasi ini ataupun Tahura ini mangrove-nya bisa terbangun dengan baik,” ujar dia.

Sebelumnya, Indonesia mendapat kepercayaan untuk menjalani Presidensi G20. Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ratusan pertemuan G20 pada 2022, termasuk konferensi tingkat tinggi.

Pemerintah menetapkan Provinsi Bali sebagai lokasi pertemuan-pertemuan G20. Jokowi mengundang para kepala negara G20 untuk menikmati keindahan Bali selama pertemuan G20.

“Kami akan menyambut bapak ibu semua dengan kegembiraan dan tangan terbuka. Selamat datang di Indonesia,” kata Jokowi dalam Upacara Pembukaan Presidensi Indonesia G20 2022, Rabu (1/12).


https://pasardana.id/news/2021/12/3/jadi-tuan-rumah-ktt-g-20-presiden-jokowi-cek-kesiapan-ke-bali/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here