Home Bisnis MARKET Kurangi Ketergantungan Dengan Singapura, Moratelindo Bangun SKKL Hawaiki

Kurangi Ketergantungan Dengan Singapura, Moratelindo Bangun SKKL Hawaiki

51
0

Beritamu.co.id – PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) menggandeng Hawaiki Submarine Cable Limited Partnership guna membangun jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang akan menghubungkan jalur Amerika Serikat, Indonesia, Singapura hingga Australia.

Direktur Utama Mora Telematika Indonesia, Galumbang Menak menjelaskan, kabel dari Hawaiki saat ini telah menghubungkan Australia, New Zealand, Amerika Samoa, Hawaii, dan kawasan barat Amerika Serikat.

“Moratelindo menjadi mitra lokal yang akan membantu mengurus perijinan kepada pemerintah Indonesia terkait dengan proyek Hawaiki Nui,” kata dia kepada media, Rabu (03/11/2021).

Ia menambahkan, Moratelindo turut memegang peranan penting dalam membangun sistem tepat guna untuk meletakkan dan menata jalur kabel bawah laut.

“Kerjasama ini adalah langkah strategis. Dengan dibangunnya Sistem Komunikasi Bawah Laut dengan jalur tersebut dapat mengurangi ketergantungan koneksi yang melalui Singapura,” jelas dia.

Ia melanjutkan, kerjasama dalam pembuatan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah ini, tidak hanya menguntungkan interaksi bisnis lintas negara tetapi juga memberikan keuntungan besar pada konektivitas wilayah kepulauan seperti Indonesia.

Baca Juga :  ANTM Jaga Sinergitas TNI dan Polri Perkuat Keamanan di Lokasi Operasi Perusahaan

“Jalur ini akan menjadi alternatif yang akan memberikan latency rendah untuk koneksi Internasional di Indonesia,” ungkap dia. 

Sementara itu, pendiri Hawaiki, Remi Galasso mengatakan, keberadaan kabel Hawaiki Nui akan secara signifikan memperluas jejaring bawah laut yang telah ada.

Hawaiki secara tidak langsung menawarkan konektivitas yang tidak tertandingi di kawasan Asia- Pasifik.

“Kabel dari Hawaiki Nui didesain untuk memberikan konektivitas secara cepat dan langsung,” jelas dia.

Lebih lanjut ia menerangkan, pekerjaan konstruksi rencananya akan dimulai pada 2022 dengan kabel siap pakai (RFS) yang diharapkan terpasang pada tahun 2025.

“Indonesia telah menjadi pasar strategis di Asia Tenggara dan kami bangga bermitra dengan Moratelindo yang telah menunjukkan kemampuannya yang unik untuk menerapkan dan mengoperasikan jaringan serat bawah laut dan terestrial di Indonesia selama beberapa tahun terakhir,” tegas Remi.

 


https://pasardana.id/news/2021/11/3/kurangi-ketergantungan-dengan-singapura-moratelindo-bangun-skkl-hawaiki/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here