Beritamu.co.id – Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang kini sudah mencapai 79 persen terus dipercepat untuk mengejar target operasional kereta cepat di akhir 2022 agar bisa terwujud.
Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, saat ini, PT KCIC bersama konsorsium kontraktor sedang berfokus untuk melakukan percepatan pembangunan di 237 titik konstruksi secara komprehensif.
Ia mengakui, pandemi covid-19 yang melanda dunia sejak awal 2020 cukup menghambat proses pembangunan KCJB.
“Pandemi cukup memberikan dampak pada progress pembangunan KCJB. Untuk itu fokus kami sekarang ini adalah melakukan percepatan pembangunan,” kata dia dalam keterangan resmi, Minggu (17/10/2021).
Dia mengatakan, titik-titik konstruksi yang menjadi prioritas, antara lain; penyelesaian tiga terowongan yang tersisa dari 13 terowongan yang ada di jalur kereta cepat.
Ketiga terowongan prioritas itu adalah tunnel 2 sepanjang 1.040 meter di Jatiluhur, Purwakarta dengan progres tergali 686 meter, tunnel 4 sepanjang 1.315 meter di Plered, Purwakarta dengan progres tergali 1.149 meter, serta tunnel 6 sepanjang 4.478 meter di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat dengan progres tergali 4.204 meter.
Selain itu, PT KCIC sedang mempercepat penyelesaian pekerjaan relokasi SUTT PLN dan erection girder untuk konstruksi elevated track, terutama yang berada di DK 132 dan DK 134 di daerah Batununggal, Bandung, Jawa Barat.
Tak hanya itu, Dwiyana menambahkan, jika saat ini pekerjaan subgrade 18, 19, dan 20 yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu titik konstruksi yang dikebut pengerjaannya.
“Saat ini, pengerjaan di tiga Stasiun Kereta Cepat di Halim, Karawang, dan Tegalluar juga sedang kami kebut agar segera siap menyambut para penumpang sesuai target di akhir 2022,” paparnya.
Sementara, Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta yang akan digunakan ketika operasional nanti, saat ini sedang dalam tahap produksi di pabrik China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang yang berada di Qingdao, Tiongkok.
Termasuk pembuatan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau Kereta Inspeksi yang nantinya akan digunakan untuk pengecekan rutin jalur kereta cepat guna memastikan keamanan dan kehandalan pengoperasian KCJB.
Untuk persiapan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung, kata Dwiyana, pihaknya dengan Kementerian Perhubungan saat ini sedang melakukan pembahasan dan harmonisasi Rancangan Peraturan Menteri Perhubungan untuk mendukung pengoperasian KCJB.
Di sisi lain, dilakukan juga pelatihan SDM hingga pembuatan SOP sebagai bagian dari persiapan Operation & Maintenance Readiness.
“Dengan semua upaya maksimal yang kami lakukan, diharapkan target pengoperasian KCJB di akhir tahun 2022 bisa tercapai,” ujarnya.
Untuk diketahui, pada fase pengoperasian awal yang ditargetkan di akhir 2022, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menempuh trase sepanjang 142,3 kilometer.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan melintasi sembilan kota dan kabupaten di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat.
Stasiun keberangkatan sekaligus kedatangan kereta cepat berada di wilayah Jakarta, yakni melalui Stasiun Halim, kemudian melintasi Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang dan berakhir di Stasiun Tegalluar. Didukung dengan keberadaan Depo di Tegalluar sebagai tempat perawatan dan pemeriksaan EMU, kereta berjenis CR400AF yang memiliki kecepatan desain maksimum hingga 400 km per jam dan kecepatan operasi maksimum 350 km per jam merupakan kunci konektivitas dan efisiensi yang melebur batas geografis Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.
https://pasardana.id/news/2021/10/18/pt-kcic-targetkan-proyek-kereta-cepat-bandung-jakarta-selesai-di-akhir-2022/