Beritamu.co.id – Senin (04/10), UOB mengumumkan akan mengucurkan investasi senilai S$500 juta dalam bentuk inisiatif inovasi digital, seiring dengan upaya Bank untuk menambah jumlah nasabah ritel yang dilayaninya melalui platform digital menjadi lebih dari tujuh juta nasabah di seluruh ASEAN pada tahun 2026.
Sebagai bagian dari investasi ini, UOB akan memadukan inovasi bank digital yang dimiliki yakni TMRW dengan skala dan kedalaman produk dari aplikasi seluler UOB Mighty dalam satu platform yakni UOB TMRW.
Seiring dengan pemanfaatan platform digital yang semakin berkembang menyusul adanya pandemi, layanan perbankan melalui digital kini menjadi pilihan utama bagi banyak nasabah UOB.
Di Singapura, pemanfaatan saluran pembayaran digital seperti PayNow dan kode QR telah meningkat lebih dari 200 persen, sementara aktivitas setoran dan penarikan tunai fisik menurun lebih dari 30 persen pada tahun 2020.
UOB adalah bank pertama di kawasan yang mengembangkan model bisnis baru yang berfokus pada keterlibatan atau engagement nasabah pada saat perusahaan meluncurkan TMRW, yakni bank digital pertama di ASEAN di tahun 2019.
UOB mengembangkan TMRW dengan mesin keterlibatan digital berbasis Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang menggabungkan solusi teknologi keuangan terbaik di kelasnya untuk mengategorikan dan menganalisis volume besar data transaksi secara real time.
Mesin keterlibatan digital UOB adalah kekuatan di balik kemampuan Bank untuk mengantisipasi dan menyajikan insight dan solusi yang relevan bagi nasabah berdasarkan pola perbankan mereka.
Dalam platform UOB TMRW terpadu ini, UOB akan terus berinovasi untuk menghadirkan pengalaman perbankan yang sangat personal dan unik bagi setiap nasabah.
UOB adalah bank pertama di Singapura yang meluncurkan insight pribadi berbasis Kecerdasan Buatan pada bulan November 2019.
Hal ini merupakan inovasi yang dipelopori di ASEAN oleh bank digital UOB yang bernama TMRW.
Sejak saat itu, lebih dari 40 juta insight telah disajikan dan diterima dengan baik oleh nasabah di Singapura.
Tim TMRW UOB, yang terdiri dari para ahli dari berbagai bidang termasuk teknologi, ilmu perilaku, ilmu data, dan perbankan, akan terus mendorong budaya yang responsif dengan penyempurnaan baru pada aplikasi seluler yang dilakukan setiap beberapa bulan.
“Keterlibatan atau engagement membuat pengalaman perbankan digital UOB berbeda. Sebagai bagian dari strategi kami untuk meningkatkan dan mengkomersialkan kemampuan bank digital kami di seluruh wilayah, hanya dalam dua tahun kami telah berhasil meluncurkan TMRW di Indonesia dan Thailand. Selama dua tahun, kita menyaksikan bagaimana COVID-19 terus mendorong pemanfaatan platform digital ke titik di mana platform ini bukan lagi preferensi satu segmen saja tetapi preferensi yang dominan. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk memadukan kemampuan bank digital kami. Dengan memanfaatkan yang terbaik dari TMRW dan UOB Mighty dalam satu platform, kami dapat memanfaatkan skala ekonomi untuk mempercepat inovasi, terutama dalam hal pengalaman perbankan digital yang sangat personal dan kecepatan ke pasar,” ungkap Wee Ee Cheong, Deputy Chairman dan CEO, UOB, dalam keterangan pers, Senin (04/10).
TMRW tetap menjadi salah satu bank digital paling menarik di ASEAN setelah memenangkan berbagai penghargaan termasuk bank digital terbaik di Indonesia dan Thailand baru-baru ini.
Nasabah TMRW juga telah memberikan penilaian yang baik terhadap TMRW dalam hal kepuasan, dengan skor promotor bersih TMRW di antara yang teratas di Thailand dan Indonesia.
Proposisi all-in-one yang unik dari UOB Mighty juga telah dinilai tinggi[1] oleh mereka yang lebih suka melakukan semua kegiatan perbankan mereka, seperti pembayaran, investasi, dan mencari reward, dalam satu aplikasi.
Pada Juli 2021, UOB Mighty mendapatkan satu penghargaan lain dengan memenangkan penghargaan ‘Investment Product Innovation of the Year’ untuk solusi kekayaan digital, SimpleInvest.
Sebagai bagian dari peluncuran UOB TMRW, UOB telah meluncurkan versi beta dari aplikasi perbankan digital barunya yang menghadirkan kemampuan bank digital untuk seluruh karyawannya yang berada di Singapura. Setelah uji coba beta berhasil diselesaikan, UOB TMRW akan diluncurkan untuk semua nasabah UOB di Singapura akhir tahun ini. Nasabah UOB Mighty yang berada di Singapura dapat beralih ke UOB TMRW pada waktu tersebut.
Di kesempatan yang sama, Kevin Lam, Head of TMRW and Group Digital Banking mengatakan, “Kami berada di awal fase baru yang menarik dalam perjalanan ritel digital kami. Peluncuran UOB TMRW di Singapura menegaskan komitmen kami untuk memperkuat model berbasis data kami yang mengutamakan penciptaan pengalaman digital yang sangat personal bagi nasabah. Kami membayangkan masa depan di mana pengalaman perbankan digital UOB serta solusi dan layanan yang kami tawarkan disesuaikan dengan setiap nasabah berdasarkan pola perbankan mereka. Pada fase berikutnya, tujuan kami adalah membuat bagaimana teknologi dapat memungkinkan kami menghadirkan perbankan digital masa depan yang lebih cerdas dan bahkan lebih intuitif bagi nasabah. Kami tidak akan berpuas diri tetapi akan terus meningkatkan UOB TMRW setiap beberapa bulan untuk membuat perbankan menjadi sederhana, menarik dan transparan bagi semua nasabah UOB.”
Adapun UOB akan meluncurkan UOB TMRW secara bertahap di seluruh negara di ASEAN dan peluncuran di negara selanjutnya dijadwalkan akan dilakukan dalam 18 bulan ke depan.
https://pasardana.id/news/2021/10/5/uob-siapkan-dana-s-500-juta-untuk-memperkuat-kemampuan-digital-di-asean/