
Jakarta, BeritaMu.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) sat ini tengah melakukan pengembangan digital untuk perseroan dan anak usahanya yaitu PT BRI Agroniaga Tbk (AGRO). Serupa tapi tak sama, digitalisasi yang dikembangkan oleh BRI sebagai induk usaha dan BRI Agro sebagai anak usaha memiliki perbedaan.
“Bedanya, BRI akan fokus pada mikro dan ultra mikro. Sementara untuk BRI Agro akan fokus pada segmen yang lebih mature ke urban area,” ujar Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu Retno Kumalasari saat Public Expose di Jakarta, Kamis (9/9/2021).
Intinya, lanjut dia, BRI Agro disiapkan untuk nasabah yang lebih melek akan digitalisasi alias digital savvy. Memang, market BRI akan menjadi lebih luas dengan pengembangan digital ini karena ada dua aplikasi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.
Sementara itu, Direktur Utama BRI, Sunarso juga turut menjelaskan perbedaan tersebut. Digitalisasi pada BRI sebagai induk disebutnya untuk ‘old business’. Artinya, prosesnya yang dilakukan digitalisasi. Tujuannya adalah efisiensi untuk menurunkan biaya.
“Sedangkan BRI Agro, digitalisasi di arahkan ke bisnis modelnya. Jadi create value melalui bisnis baru, di induk bisnis prosesnya, BRI Agro bisnis modelnya,” tukasnya.
Informasi saja, BRI melalui agen BRIlink telah mampu menjangkau wilayah seluruh Indonesia untuk kemudahan transaksi. Saat ini ada 465 ribu agen di seluruh Indonesia yang berperan signifikan sebagai sumber bisnis BRI untuk inklusi dan literasi keuangan.
Transaksi agen BRIlink tersebut terus mengalami kenaikan, hingga Juni 2021 mencapai 415 juta transaksi naik 19% dibanding tahun lalu. Total nilai transaksi dari BRIlink tersebut mencapai Rp 518 triliun atau 37% dibanding Juni 2020.
Sejak 2016, kinerja BRIlink terus menunjukkan arah yang positif. Hal ini terbukti dari naiknya transaksi kemudian diikuti oleh fee based income.
[]
(yun/yun)
Demikian berita mengenai Kembangkan Digitalisasi, Ini Beda Sasaran BRI dan BRI Agro, ikuti terus update berita dari kami
Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20210910151917-17-275326/kembangkan-digitalisasi-ini-beda-sasaran-bri-dan-bri-agro