Home Bisnis MARKET Covid-19 Mereda, IHSG Siap Tembus 6400

Covid-19 Mereda, IHSG Siap Tembus 6400

41
0

Beritamu.co.id – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat menguat hingga mendekati 6.400 pada bulan Ini.

Hal itu ditopang oleh sentimen positif kasus harian Covid-19 yang mulai mereda ke angka 30.000 kasus per hari, gencarnya program vaksinasi yang membuka peluang potensi pelonggaran PPKM ke depan, dan rilis kinerja emiten yang membaik.

Hal itu disampaikan Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Martha Christina dalam paparan media, Kamis (5/8/2021

“Memasuki bulan Agustus, kami optimis IHSG mampu menguat, dengan target ke level 6.394 secara teknikal,” ujar dia.

Ia menjelaskan, bulan lalu terdapat  beberapa faktor yang membuat pelaku pasar khawatir adalah peningkatan kasus Covid-19, pemberlakukan PPKM di sejumlah daerah, dan pelemahan rupiah.

Secara bersamaan, kata dia, sekitar 30 persen emiten yang tercatat di BEI telah mengumumkan kinerja keuangan untuk semester I 2021.

Secara tahunan, mayoritas perusahaan mencatatkan hasil yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

“Mengingat pada kuartal II/2020, kinerja mayoritas perusahaan tercatat di bursa mengalamI penurunan dikarenakan terdampak pandemi Covid-19,” kata dia.

Baca Juga :  Wall Street Melemah Dipicu Kekhawatiran Peningkatan Suku Bunga The Fed

Adapun saham-saham yang layak dicermati, menurut dia, sektor infrastruktur, saham yang menjadi pilihan adalah TLKM, EXCL, dan ISAT.

Di sektor kesehatan dan perbankan, saham-saham yang direkomendasikan masing-masingnya adalah HEAL, MIKA, PRDA, dan BBCA, BMRI, serta BRIS.

“Saham-saham lain yang layak dipertimbangkan sebagai pilihan secara selektif adalah EMTK, SCMA, ERAA, dan INDF,” sebutnya.

Prediksi dan rekomendasi tersebut didasari oleh penguatan IHSG sebesar 1,4% menjadi 6.070 dan didukung aksi beli investor asing Rp 17 triliun sepanjang Juli yang tidak tertahan oleh kepungan sentimen negatif pada periode tersebut.

Selain itu, dia menilai, emiten di sektor perbankan, semen, dan ritel membukukan kinerja yang sesuai ekspektasi. Sementara emiten di industri kesehatan, terutama rumah sakit dan lab, mencatatkan hasil yang lebih baik dari ekspektasi.

 


https://pasardana.id/news/2021/8/5/covid-19-mereda-ihsg-siap-tembus-6400/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here