Categories: MARKET

Setelah 20 Tahun Dilarang, Pemerintah Resmi Kembali Buka Keran Ekspor Pasir Laut

Beritamu.co.id – Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka kembali keran ekspor pasir laut yang sebelumnya sudah dilarang sejak 20 tahun lalu.

Adapun kebijakan ekspor pasir laut berlaku usai Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menerbitkan revisi dua aturan baru sebagai implementasi dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 26 Tahun 2023 tentang Pengelolaan Hasil Sedimentasi di Laut serta tindak lanjut dari usulan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan merevisi dua Peraturan Menteri Perdagangan di bidang ekspor.

Dua aturan itu adalah Permendag Nomor 20 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2023 tentang Barang yang Dilarang untuk Diekspor’ dan ‘Permendag Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Ekspor’.

“Revisi dua Permendag ini merupakan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 serta merupakan usulan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai instansi pembina atas pengelolaan hasil sedimentasi di laut,” beber Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Isy Karim dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (12/9).

Ditegaskan Isy, ekspor pasir laut hanya dapat dilakukan setelah memenuhi kebutuhan dalam negeri. 

“Ekspor hasil sedimentasi di laut berupa pasir laut dapat ditetapkan sepanjang kebutuhan dalam negeri terpenuhi dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” imbuhnya.

Kata Isy, tujuan pengaturan ekspor pasir laut ini sejalan dengan PP Nomor 26 Tahun 2023. Menurut dia, pengaturan dilakukan untuk menanggulangi sedimentasi yang dapat menurunkan daya dukung serta daya tampung ekosistem pesisir dan laut, juga kesehatan laut. 

Related Post

Selain itu, pengaturan ekspor pasir laut juga dapat mengoptimalkan hasil sedimentasi di laut untuk kepentingan pembangunan dan rehabilitasi ekosistem pesisir dan laut.

Adapun jenis pasir laut yang boleh diekspor diatur dalam Permendag Nomor 21 Tahun 2024 yang merujuk pada Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 47 Tahun 2024 tentang Spesifikasi Pasir Hasil Sedimentasi di Laut untuk Ekspor. 

Sedangkan untuk dapat mengekspor pasir laut dimaksud, ada sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi berdasarkan Permendag Nomor 21 Tahun 2024. Ketentuan-ketentuan yang dimaksud adalah ditetapkan sebagai Eksportir Terdaftar (ET),memiliki Persetujuan Ekspor (PE), dan terdapat Laporan Surveyor (LS).

 


https://pasardana.id/news/2024/9/13/setelah-20-tahun-dilarang-pemerintah-resmi-kembali-buka-keran-ekspor-pasir-laut/

Yulia Vera

Recent Posts

Melonjak Tajam, Nilai Impor Beras RI Tembus US$1,91 Miliar

Beritamu.co.id - Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar konferensi pers di Jakarta, pada Selasa (17/9)…

5 hours ago

KKP : Susu Ikan Bisa Berdampak Pada UMKM dan Tenaga Kerja

Beritamu.co.id - Penggunaan susu ikan dalam Program Makan Bergizi Gratis disebut bakal memberikan dampak…

6 hours ago

OJK Dorong Pengembangan Keuangan Syariah Di Kalangan Generasi Muda Lewat Event ISFO 2024

Beritamu.co.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya mendorong pengembangan keuangan syariah melalui peningkatan literasi…

8 hours ago

Dukung IIFC, BSI Siap Akselerasi Global Hub dan Islamic Ecosytem

Beritamu.co.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI, IDX: BRIS) siap mengakselerasi pengembangan global…

9 hours ago

Bank Muamalat dan ALTO Network Jalin Sinergi Mudahkan Top Up Kartu Flazz BCA di Aplikasi Muamalat DIN

Beritamu.co.id - Pionir bank syariah di Indonesia, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengumumkan kerja sama strategis dengan…

10 hours ago

Astra Sedaya Finance Tawarkan Obligasi Berkelanjutan VI Tahap IV Tahun 2024 Senilai Rp2,6 Triliun

Beritamu.co.id - PT Astra Sedaya Finance akan melakukan penawaran obligasi berkelanjutan VI tahap IV…

10 hours ago