
Beritamu.co.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (IDX: SMGR) atau SIG berkomitmen memperkuat industri nasional.
Salah satunya, dengan merealisasikan belanja produk dalam negeri.
Menurut Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, nilai pembelian produk dalam negeri oleh SIG mencapai Rp23,06 triliun pada tahun 2024.
Angka ini mencakup 93,01% dari total belanja barang dan jasa SIG sebesar Rp24,79 triliun.
“Capaian tersebut menjadi bentuk nyata kontribusi perusahaan terhadap upaya pemerintah dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional di tengah tantangan global, kata Vita dikutip Selasa (29/4/2025).
Vita menegaskan, bahwa strategi belanja produk lokal tidak hanya mendukung pengembangan bisnis nasional, tetapi juga menjamin kelancaran operasional perusahaan melalui pengadaan berbasis sumber daya dalam negeri.
“Industri tanah air yang maju dan berkembang akan menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional, membuka lapangan pekerjaan, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Vita.
Secara khusus, Vita menyoroti keberhasilan program SIG dalam meningkatkan hilirisasi dan industrialisasi nasional, terutama lewat penggunaan suku cadang lokal yang melibatkan pemberdayaan UKM dan kolaborasi dengan industri dalam negeri.
Pada 2024, penggunaan suku cadang lokal di seluruh pabrik SIG melonjak sebesar 20,70%, mencapai nilai Rp787 miliar, meningkat dari Rp652 miliar pada 2023, dan naik tajam 157% dibanding baseline tahun 2020 sebesar Rp306 miliar.
Peningkatan ini menjadi bukti dukungan konkret SIG terhadap visi Asta Cita Presiden Prabowo Subianto dalam mendorong hilirisasi dan industrialisasi guna meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.
Tak hanya itu, jumlah UKM binaan SIG yang berhasil memproduksi suku cadang untuk kebutuhan pabrik perusahaan juga melonjak dari sebelumnya 8 menjadi 17 UKM.
https://pasardana.id/news/2025/4/29/semen-indonesia-realisasikan-belanja-produk-lokal-rp23-06-triliun/