Categories: MARKET

Riset: Konsumen di Indonesia Makin Selektif dalam Berbelanja Produk Kecantikan

Beritamu.co.id – Indonesia dengan cepat menjadi pemain utama dalam industri kecantikan global, menawarkan peluang luas untuk inovasi produk dan keterlibatan konsumen.

Dengan lebih dari 270 juta penduduk—lebih dari setengahnya berusia di bawah 30 tahun—Indonesia merupakan pasar yang dinamis dan muda, siap menyambut tren kecantikan terbaru.

Adapun saat ini, konsumen di Indonesia semakin selektif dalam berbelanja produk kecantikan.

Riset Mintel Global Consumer mengungkapkan, bahwa 91% wanita membandingkan produk untuk mendapatkan penawaran terbaik, sementara 84% sering membeli produk kecantikan dengan diskon—menunjukkan preferensi kuat terhadap nilai tanpa mengorbankan kualitas.

“Keterlibatan digital juga memainkan peran penting dalam membentuk perilaku belanja, dengan 21% wanita berusia 18-34 tahun berinteraksi dengan konten kecantikan online dalam tiga bulan menjelang September 2024,” sebut Riset Mintel, seperti dilansir dalam siaran pers, Rabu (12/3).

Di sisi lain, jenama kecantikan Tiongkok memiliki kehadiran kuat di e-commerce Indonesia, dengan sekitar 100 SKU tersedia di Sociolla dan ege online Watsons Indonesia.

Menurut Riset Mintel, jenama ini berhasil menarik minat konsumen Indonesia dengan menonjolkan bahan aktif unggulan serta strategi pemasaran inovatif.

Untuk semakin memperkuat daya tariknya, jenama ini juga menyesuaikan diri dengan preferensi kecantikan egen dengan harga yang terjangkau.

Inovasi Dorong Pertumbuhan Pasar

Pengembangan produk baru dalam kategori kosmetik (color cosmetic) semakin didorong oleh klaim ‘meningkatkan kecantikan’ dan ‘manfaat fungsional’, yang masing-masing mencapai 77% dan 76% dari produk yang diluncurkan pada tahun 2024, menurut Mintel Global New Products Database (GNPD).

Tren ini mencerminkan meningkatnya permintaan konsumen akan transparansi, keamanan, dan efektivitas dalam produk kecantikan.

Skincare yang terinspirasi dari Korea terus semakin egener, didorong oleh pengaruh Hallyu (demam Korea).

Related Post

Inovasi yang mengutamakan keseimbangan egenerat kulit dan usus, serta integrasi perawatan estetika dengan perawatan kulit (seperti microneedling dan bahan egenerative seperti PDRN) relevan dengan konsumen yang menginginkan solusi kecantikan mutakhir.

Hal ini membuka peluang bagi jenama perawatan kulit untuk mengeksplorasi formulasi baru yang sesuai dengan perkembangan selera konsumen.

Kulit Sensitif: Fokus Baru Konsumen

Sementara itu, pasar untuk kulit sensitif semakin berkembang sebagai segmen yang menjanjikan.

Data Mintel GNPD menunjukkan peningkatan klaim “cocok untuk” dari 34% pada 2022 menjadi 43% pada 2024, sementara produk yang mencantumkan kata “sensitif” atau variannya dalam deskripsi meningkat dari 30% menjadi 38% dalam periode yang sama.

Menurut Mintel, jenama memiliki peluang untuk mengembangkan produk yang merawat lapisan kulit terluar (multidimensional barrier support) dan menjaga keseimbangan mikrobiom.

“Ini selaras dengan tren konsumen semakin mengutamakan produk perawatan kulit yang menangani kebutuhan khusus dan kulit sensitif. Perubahan ini terutama didorong oleh konsumen muda—89% wanita Indonesia berusia 18-24 tahun tertarik pada produk kecantikan yang dirancang khusus untuk usia mereka,” sebut Riset Mintel.

Selanjutnya Riset juga mnyebutkan, seiring dengan pertumbuhan pasar kecantikan di Indonesia, jenama yang mampu menyeimbangkan faktor harga, efektivitas, dan relevansi lokal akan berada dalam posisi kuat untuk berkembang.

“Titik temu antara kebutuhan konsumen akan produk yang berkualitas dan inovasi membuka peluang pertumbuhan di tahun-tahun mendatang,” sebut Riset Mintel.


https://pasardana.id/news/2025/3/12/riset-konsumen-di-indonesia-makin-selektif-dalam-berbelanja-produk-kecantikan/

Yulia Vera

Recent Posts

Ekspansi ke Jepang, Lovina Brewery Gandeng Naoyoshi

Beritamu.co.id - PT Lovina Beach Brewery Tbk (IDX:STRK) tengah ekspansi ke Jepang. Caranya dengan…

19 hours ago

Edwin Cheah Yew Hong Tambah Investasi Sahamnya di MDIY

Beritamu.co.id - Edwin Cheah Yew Hong selaku Direksi PT Daya Intiguna Yasa Tbk (IDX:…

20 hours ago

Sepekan Perdagangan: Kapitalisasi Pasar BEI Tembus Rp14.211 Triliun, Meningkat 0,20% Dibanding Pekan Sebelumnya

Beritamu.co.id - Data perdagangan saham di BEI selama periode tanggal 01 - 04 September…

21 hours ago

Bank Panin Dubai Syariah Tbk Raih Peringkat idAA-/Stable dari PEFINDO

Beritamu.co.id – PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk (IDX: PNBS) menyampaikan telah memperoleh peringkat…

22 hours ago

Investasi, Rika Juniaty Tanzil Tambah Porsi Kepemilikan Sahamnya di MDIY

Beritamu.co.id - Rika Juniaty Tanzil selaku Direksi PT Daya Intiguna Yasa Tbk (IDX: MDIY)…

1 day ago

Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk Umumkan Perubahan Anggota Dewan Komisaris Perseroan

Beritamu.co.id - PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (IDX: TRIM) menyampaikan perubahan anggota Dewan Komisaris…

1 day ago