Categories: MARKET

Pemerintah Kasih Izin Perusahaan Swasta Salurkan Avtur di Indonesia

Beritamu.co.id – Sebagai bentuk menindaklanjuti rekomendasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) soal penurunan harga tiket pesawat, pemerintah sudah membuka partisipasi badan usaha swasta untuk menyalurkan bahan bakar avtur atau avtur di Indonesia.

Hal tersebut diungkap Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan usai membuka Bali International Airshow 2024 di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (18/9).

“Iya bisa (dikelola swasta), kita terbuka sekarang. Kenapa mesti harus pemerintah semua,” ujarnya.

Sebelumnya Luhut pernah bilang, adanya partisipasi badan usaha swasta menyalurkan avtur ini bisa membantu investasi penyaluran avtur kepada bandara-bandara, terutama daerah terpencil. 

“Saya kira juga ini kita buka pemerintah untuk perusahaan-perusahaan lain, untuk juga investasi di bidang ini, terutama di daerah-daerah Indonesia Timur sana,” ungkap Luhut.

Related Post

Untuk itu dia meminta agar Kementerian ESDM bersama BPH Migas mengakselerasi pembukaan multiproviders bagi penyediaan avtur dalam negeri.

Luhut juga menyampaikan bahwa sebenarnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meminta avtur multiprovider. 

“Sebenarnya Presiden Jokowi sudah minta multiprovider dan kita mau kompetitif, supaya bersaing. Kalau tidak bersaing nanti suka-suka dia, kita melihat mana format yang terbaik untuk tadi membuat masyarakat itu dapat pelayanan yang lebih baik,” bebernya lagi.

Pembukaan peluang bagi perusahaan lain (swasta) untuk memasok bioavtur merupakan salah satu langkah yang dinilai dapat menekan harga tiket pesawat rute domestik. Langkah ini juga sejalan dengan usulan Komisi Pengawas Persaingan Usaha untuk mengentaskan praktik monopoli pengisian avtur oleh Pertamina. 


https://pasardana.id/news/2024/9/19/pemerintah-kasih-izin-perusahaan-swasta-salurkan-avtur-di-indonesia/

Yulia Vera

Recent Posts

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpotensi Mencoba Menguat Kembali, 6 Saham Ini Bisa Jadi Pilihan Trading

Beritamu.co.id - Riset harian BNI Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup naik 0.97% diperdagangan kemarin (19/9), dan masih…

30 mins ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpotensi Mencoba Menguat Kembali, 6 Saham Ini Bisa Jadi Pilihan Trading

Beritamu.co.id - Riset harian BNI Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup naik 0.97% diperdagangan kemarin (19/9), dan masih…

30 mins ago

Peduli Keberlangsungan Produksi Beras, Bulog Gelar IIRC 2024 di Bali

Beritamu.co.id - Perum Bulog menyelenggarakan gelaran kegiatan bernama Indonesia International Rice Conference (IIRC) 2024…

1 hour ago

Imbas Kehadiran AI, Puluhan Juta Lapangan Pekerjaan Hilang di Tahun 2025

Beritamu.co.id - Kehadiran kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) atau otomasi di berbagai sektor kehidupan, akan…

2 hours ago

Cadangan Minyak AS Turun, Harga Minyak Dunia Naik

Beritamu.co.id - Harga minyak dunia naik pada Kamis (19/9/2024) dipicu penurunan cadangan minyak mentah…

3 hours ago

Jokowi Tegaskan Freeport Sekarang Milik Bangsa Indonesia

Beritamu.co.id - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa PT Freeport Indonesia saat ini bukan lagi…

9 hours ago