Categories: MARKET

Investor Ragu Berinvestasi di Indonesia, Ini Alasannya

Beritamu.co.id – Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira menyebut alasan kenapa banyak investor dan pelaku usaha ragu untuk melakukan investasinya di Indonesia.

Kata Bhima, banyaknya aturan di Indonesia yang kerap bergonta-ganti menjadikan pemicu aksi massa belakangan ini yang membuat geliat ekonomi jadi terganggu.

Yang terbaru, terkait dari kebijakan rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Dalam hal ini, kata Bhima, langkah DPR RI sangat fatal dikarenakan aturan yang sudah disahkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) soal Pilkada.

“Tidak hanya soal Pilkada, tapi juga (kebijakan) perdagangan dan investasi yang flip-flop alias berganti-ganti,” tuturnya dikutip, Senin (26/8).

Menurut Bhima, jika RUU Pilkada jadi disahkan akan timbul risiko politik di berbagai daerah karena banyak calon kepala daerah yang akan bersaing dengan kotak kosong.

Hal ini akan memperburuk dan memperpanjang sentimen negatif terhadap politik Indonesia.

Related Post

Bhima menilai tak hanya kepada masyarakat umum, risiko ini juga akan berdampak pula kepada investor dan pelaku usaha dan bisa membuat mereka memilih menaruh uang di negara lain daripada di Indonesia.

“Harusnya kan pemerintah dan DPR ciptakan iklim investasi yang kondusif, transparan, dan terukur ya. Ini banyak biaya dari risiko stabilitas politik muncul dan siapa yang mau menanggung?” tanya Bhima.

Menurut Bhima, pelaku usaha ini pastinya bakal memasukan berbagai risiko politik pada perencanaan ekspansi bisnisnya tersebut.

“Kalau ribut-ribut karena pemerintah tidak bisa dipercaya soal aturan, ya pelaku usaha dan investor akan pindah cari negara lain. Sekali lagi yang menciptakan sentimen negatif ke pasar modal dan ekonomi hari ini adalah DPR,” tandas Bhima.


https://pasardana.id/news/2024/8/26/investor-ragu-berinvestasi-di-indonesia-ini-alasannya/

Yulia Vera

Recent Posts

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpotensi Mencoba Menguat Kembali, 6 Saham Ini Bisa Jadi Pilihan Trading

Beritamu.co.id - Riset harian BNI Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup naik 0.97% diperdagangan kemarin (19/9), dan masih…

48 mins ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpotensi Mencoba Menguat Kembali, 6 Saham Ini Bisa Jadi Pilihan Trading

Beritamu.co.id - Riset harian BNI Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup naik 0.97% diperdagangan kemarin (19/9), dan masih…

48 mins ago

Peduli Keberlangsungan Produksi Beras, Bulog Gelar IIRC 2024 di Bali

Beritamu.co.id - Perum Bulog menyelenggarakan gelaran kegiatan bernama Indonesia International Rice Conference (IIRC) 2024…

1 hour ago

Imbas Kehadiran AI, Puluhan Juta Lapangan Pekerjaan Hilang di Tahun 2025

Beritamu.co.id - Kehadiran kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) atau otomasi di berbagai sektor kehidupan, akan…

2 hours ago

Cadangan Minyak AS Turun, Harga Minyak Dunia Naik

Beritamu.co.id - Harga minyak dunia naik pada Kamis (19/9/2024) dipicu penurunan cadangan minyak mentah…

3 hours ago

Jokowi Tegaskan Freeport Sekarang Milik Bangsa Indonesia

Beritamu.co.id - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa PT Freeport Indonesia saat ini bukan lagi…

9 hours ago