Home Bisnis MARKET Setelah Akuisisi, JSMR Kuasai 88,67 Persen Saham PT Jasamarga Kunciran Cengkareng

Setelah Akuisisi, JSMR Kuasai 88,67 Persen Saham PT Jasamarga Kunciran Cengkareng

5
0

Beritamu.co.id – Emiten pengelola jalan tol, PT Jasa Marga Tbk (IDX: JSMR) telah melakukan pembelian sebanyak 16.515.376 atau setara 10% unit saham PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (PT JKC) yang dimiliki Synergy Quest International Limited (SQIL).

Adapun penandatanganan akta jual beli saham JKC tersebut dilakukan oleh para pihak (JSMR dan SQIL) di Jakarta, pada tanggal 8 Juli 2024.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke BEI, Rabu (10/7), Direksi JSMR menyebutkan, aksi korporasi tersebut merupakan bagian dari strategi Perseroan untuk mengoptimalkan portofolio bisnis.

“Transaksi ini dalam rangka menyeimbangkan pertumbuhan dan menjaga kesinambungan bisnis perusahaan,” tulis Direksi JSMR.

Setelah pelaksanaan transaksi ini, maka komposisi pemegang saham PT JKC adalah; JSMR sebesar 88,67%, PT Triputra Utama Selaras sebesar 11,01%, dan 0,32% dimiliki oleh PT Nindya Karya.

Diketahui, PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) sendiri merupakan anak perusahaan JSMR yang mengelola Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (CBK) sepanjang 14,19 KM.

Jalan tol ini melewati Kota Tangerang yang merupakan dominasi wilayah sektor industri dan tempat tinggal, sehingga Jalan Tol CBK menjadi alternatif pilihan angkutan industri.

Baca Juga :  Pertama dalam Sejarah, Perusahaan Minyak Brasil Ciptakan Biofuel dari 100% Minyak Kedelai

Selain itu, Jalan Tol CBK juga memberikan kepastian waktu sehingga waktu tempuh menjadi lebih singkat dan biaya operasional kendaraan menjadi lebih hemat baik kepada penumpang Bandara Soekarno-Hatta maupun komuter Tangerang-Jakarta.

Dengan adanya Jalan Tol CBK, saat ini pengguna jalan dari wilayah Bekasi, Bogor, Depok dan sekitarnya mempunyai jalur alternatif baru menuju Serpong, Tangerang hingga Bandara Soekarno – Hatta, Cengkareng, dengan melewati Jalan Tol JORR 2.


https://pasardana.id/news/2024/7/11/setelah-akuisisi-jsmr-kuasai-88-67-persen-saham-pt-jasamarga-kunciran-cengkareng/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here