Home Bisnis MARKET Menteri PUPR Jelaskan Kesiapan Infrastruktur IKN Jelang HUT RI

Menteri PUPR Jelaskan Kesiapan Infrastruktur IKN Jelang HUT RI

6
0

Beritamu.co.id – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, bahwa dirinya bertanggung jawab untuk kesiapan sarana dan prasarana air dan listrik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Dia mengklaim kesiapan semuanya sudah bagus, termasuk rumah dinas untuk keempat menteri koordinator (menko). 

“Saya cek semua, air listrik semua sudah oke. Kemudian rumah empat menko, dan masing-masing menko ada empat tower, ada empat lantai dan tiga lantai bisa dioperasikan sehingga para Paskibraka, para tamu, bisa memanfaatkan sarana itu,” kata Basuki kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (10/7).

Sedangkan mengenai kesiapan jalan bebas hambatan atau jalan tol, Basuki menyebut infrastruktur sudah siap digunakan sampai dengan Pulau Balang.

Dia menyebut, nantinya pemerintah, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk meninjau kesiapannya pada 22 Juli mendatang. 

“Tapi kalau dari Pulau Balang ke IKN, karena jalan tol 6A, 6B, kan baru dikejarkan, tapi sampai Agustus baru bisa dikejar sampai Pulau Balang,” ujarnya.

Baca Juga :  Jadi Supermarket Saham & Reksa Dana, MotionTrade Gandeng 14 Manajer Investasi

Di sisi lain, Basuki menyebut infrastruktur bandar udara atau Bandara IKN juga sudah dikoordinasikan dengan Menteri Perhubungan (Menhub).

Dia menyebut, landasan pacunya diupayakan bisa mencapai sepanjang 2.200 meter. 

Hanya saja, Basuki mengatakan, masih ada kendala yang dihadapi oleh kesiapan bandara IKN yakni kondisi cuaca. Utamanya saat Juni 2024 lalu. 

“Dengan kemarin dari 30 hari, hanya 8 hari yang terang, selebihnya hujan, sekarang mengaspal pun pakai tenda, supaya enggak kena hujan,” tuturnya. 

Untuk itu, Basuki optimis akan kesiapan IKN, juga datang dari aspek kesiapan air dan listrik di IKN.

Dia menjelaskan, terkait dengan ketersediaan air, pihaknya akan melakukan commissioning pada pertengahan bulan ini. 

“Nanti tanggal 15 (Juli) ada commissioning. Nanti saya tanggal 18 ke sana, karena tanggal 15 (Juli) saya ke Abu Dhabi bersama Presiden. Pulang tanggal 17, dan 18 (Juli) ke sana memastikan air insya Allah sudah oke,” jelasnya. 


https://pasardana.id/news/2024/7/11/menteri-pupr-jelaskan-kesiapan-infrastruktur-ikn-jelang-hut-ri/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here