Home Bisnis MARKET Per Mei 2024, Asuransi Tradisional Masih Mendominasi Komposisi Premi Asuransi Jiwa Sebanyak...

Per Mei 2024, Asuransi Tradisional Masih Mendominasi Komposisi Premi Asuransi Jiwa Sebanyak 73,08 Persen

6
0

Beritamu.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, asuransi tradisional masih mendominasi komposisi premi asuransi jiwa yakni sebesar Rp53,72 Triliun atau 73,08% dari total premi asuransi jiwa yang tercatat sebesar Rp73,51 Triliun per Mei 2024.

Adapun sampai dengan akhir Mei 2024, premi dari produk proteksi tumbuh sebesar 12,62% YoY.

“OJK berharap, asuransi tradisional dapat tumbuh signifikan untuk mendorong penetrasi risiko bagi sebanyak mungkin Masyarakat Indonesia,” terang Ogi Prastomiyono, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK seperti dilansir dalam siaran pers, Rabu (10/7).

Ditambahkan, OJK juga telah menerbitkan POJK 8/2024 mengenai Produk Asuransi dan Saluran Pemasaran Produk Asuransi, dimana tidak semua produk asuransi harus mendapat persetujuan dari OJK dan hanya dalam bentuk pelaporan saja.

Hal ini sebagai bagian dari komitmen OJK untuk terus mendorong perusahaan asuransi jiwa untuk mengembangkan produk proteksi agar dapat memberikan perlindungan terhadap risiko terkait jiwa pemegang polis, sehingga dapat meningkatkan kontribusi positif bagi produktivitas masyarakat.

Di sisi lain, lanjut Ogi, pada segmen Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI) atau unit link memiliki komposisi 26,92% dari total premi atau sebesar Rp19,79 triliun yang mengalami penurunan sebesar -18,23% yoy pada Mei 2024.

Baca Juga :  Jalan Tol Cisumdawu Bisa Beroperasi Fungsional Saat Mudik Lebaran

“Penurunan premi disebabkan turunnya premi produk baru,” ujar Ogi.

Lebih lanjut disampaikan, OJK terus mendorong perbaikan proses pada pemasaran, pengelolaan kewajiban, dan pengelolaan dana, agar portofolio PAYDI dapat memberi manfaat sebagaimana yang diperjanjikan kepada pemegang polis.

“Dalam skala industri, OJK juga mendorong perusahaan asuransi untuk terus mengembangkan cara yang lebih efektif dalam mengelola asumsi yang digunakan untuk menetapkan premi dan kewajiban, dan melakukan monitoring atas penempatan investasi yang sesuai dengan kewajiban, serta memperhatikan aspek likuiditas dan kualitas aset, sehingga perusahaan dapat membayar kewajiban yang jatuh tempo dan terus tumbuh secara berkelanjutan ke depan,” tandas Ogi.


https://pasardana.id/news/2024/7/10/per-mei-2024-asuransi-tradisional-masih-mendominasi-komposisi-premi-asuransi-jiwa-sebanyak-73-08-persen/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here