Home Bisnis MARKET Lagi, SGER Raih Kontrak Pengiriman Batubara ke Vietnam

Lagi, SGER Raih Kontrak Pengiriman Batubara ke Vietnam

10
0

Beritamu.co.id – Perusahaan yang bersama anak usahanya bergerak dalam bidang perdagangan besar bahan bakar padat, cair, gas, energi terbaru dan terbarukan serta pertambangan logam dan mineral tanah jarang (rare earth), PT Sumber Global Energy Tbk (IDX: SGER) melaporkan telah meraih kontrak pengiriman batubara ke Vietnam.

Kali ini, SGER menggandeng konsorsium asal Vietnam, yakni Vinacomin Northern Coal untuk mengirim batubara ke negara tersebut.

Persetujuan pengiriman batubara untuk tahun 2024 ini telah ditandatangani kedua pihak, baru-baru ini. 

Sesuai dengan perjanjian, volume Batubara yang akan di-supply sejumlah 200.000 metrik ton (MT) dengan durasi pelaksanaan kontrak yakni sejak tanggal penandatanganan kontrak hingga 15 Agustus 2024.

Pengiriman batubara kali ini memiliki potensi nilai kontrak hingga USD 22,51 juta. 

Batubara yang dikirim memiliki net calorific value 4.800 kcal/kg, dengan kandungan abu 30%-35% dan dengan kandungan sulfur 0,6%. 

Dalam siaran pers, Selasa (09/7), Direktur Utama SGER, Welly Thomas menyebutkan, pangsa batubara global tahun ini masih berpeluang bertumbuh. 

Adapun Vietnam menjadi salah satu negara potensial bagi komoditas batubara.

Sebab, permintaan batubara dari negara tersebut terus bertumbuh seiring dengan tumbuhnya perekonomian dan naiknya kebutuhan Listrik.

Baca Juga :  Pelaku Usaha Perlu Tingkatkan Pelatihan Karyawan

“Ke depan, kami akan terus menjajaki peluang pengiriman ke Vietnam dan juga negara lain, khususnya di Asia Tenggara, mengingat potensi kebutuhan batubara di wilayah ini masih cukup tinggi,” terang Welly.

Dengan melihat prospek Batubara yang masih baik, Welly menargetkan pendapatan SGER bisa tumbuh 10% tahun ini.

“Kami yakin target ini bisa tercapai. Selain menggenjot pasar baru, kami juga berfokus pada pelanggan yang sudah ada,” jelas dia.

Diketahui, Vinacomin Northern Coal adalah perusahaan pertambangan Vietnam.

Konglomerasi industri ini berfokus pada pertambangan batubara dan mineral dan memiliki kantor pusat di Ha Long, Provinsi Quang Ninh, Vietnam. 

Di sisi lain, sebelumnya, SGER juga telah melakukan pengiriman batubara ke Vietnam.

Pada Agustus 2023, SGER meneken kerjasama penjualan batubara ke Vietnam Oil and Gas Group, yang merupakan Badan Usaha Milik Negara Vietnam.

Dalam perjanjian ini, SGER menjual 2,5 juta ton batubara untuk operasional secara komersial pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Song Hau 1 yang berlokasi di Song Hau Power Center, Phu Xuan Hamlet, Mai Dam Town, Provinsi Hau Giang.

Kala itu, penjualan batubara ini mencapai US$ 187,64 juta atau setara VND 1,56 miliar.


https://pasardana.id/news/2024/7/10/lagi-sger-raih-kontrak-pengiriman-batubara-ke-vietnam/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here