Home Bisnis MARKET Kalau Ada Yang Mendesak, Menkeu Buka Peluang Lepas Anggaran K/L

Kalau Ada Yang Mendesak, Menkeu Buka Peluang Lepas Anggaran K/L

4
0

Beritamu.co.id – Dengan melihat dan memperhitungkan keuangan negara, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kemungkinan membuka peluang akan melepas anggaran Kementerian/Lembaga (KL) yang diblokir pada 2024 melalui kebijakan automatic adjustment.

Kata dia, kemungkinan relaksasi tersebut akan dilakukan secara selektif.

“Ada catatan mengenai automatic adjustment dalam hal akan dilakukan relaksasi, tetap dilakukan secara selektif dan melihat kondisi negara,” kata Sri Mulyani dalam Rapat Kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Selasa (9/7).

Melihat dirinya sebagai pengelola keuangan negara, Sri Mulyani bilang, relaksasi automatic adjustment harus dilakukan secara hati-hati. 

Meski begitu, Menkeu tak mengatakan berapa anggaran k/l yang bakal dilepas.

Ia hanya mengatakan, bahwa relaksasi automatic adjusment dilakukan jika memang ada kegiatan mendesak.

“Kalau ada hal yang mendesak, penting, bisa saja automatic adjusment dibuka dakam rangka ujtuk membiayai kegiatan yang memang prioritas nasional yang penting dan mendesak,” jelas sri mulyani.

Sebagai informasi, pemerintah membekukan atau memblokir anggaran K/L hingga Rp50,14 triliun di 2024 melalui kebijakan automatic adjustment pada awal tahun tahun ini.

Baca Juga :  Potensi Melimpah, Wapres Ingin Jalur Rempah Dihidupkan Kembali

Kebijakan automatic adjustment merupakan mekanisme pencadangan belanja K/L yang diblokir sementara pada pagu belanja KL.

Kebijakan ini masih dipandang perlu dilanjutkan sebagai usaha mitigasi risiko agar APBN mampu menahan gejolak yang diperkirakan akan timbul.


https://pasardana.id/news/2024/7/10/kalau-ada-yang-mendesak-menkeu-buka-peluang-lepas-anggaran-kl/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here