Home Bisnis MARKET Omset Pembiayaan Haji dan Umroh Pegadaian Meroket Hingga 600% per Juni 2024

Omset Pembiayaan Haji dan Umroh Pegadaian Meroket Hingga 600% per Juni 2024

7
0

Beritamu.co.id – PT Pegadaian mencatatkan pembiayaan umrah secara tahunan (year on year/yoy) yang melonjak tinggi, sampai 600% total omset produk pembiayaan haji dan umrah dari Pegadaian Syariah dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angkanya mencapai Rp98 miliar pada Juni 2024. 

Sekretaris Perusahaan Pegadaian Zulfan Adam mengungkapkan bahwa saat ini Pegadaian masih merintis program pembiayaan haji, termasuk peluncuran produk pembiayaan haji plus. 

“Harapannya, produk ini dapat meningkatkan porsi pembiayaan haji di Pegadaian, serta mempermudah masyarakat dalam menunaikan ibadah haji,” kata Zulfan, di Jakarta, Kamis (4/7) kemarin.

Walaupun masih dalam tahap perintisan, Zulfan optimistis bahwa Pegadaian mampu mencapai target omset produk pembiayaan haji dan umrah sebesar Rp410 miliar pada tahun ini. 

Untuk mencapai target tersebut, Pegadaian melakukan beberapa langkah strategis. Yang pertama, perusahaan fokus pada peningkatan engagement dan awareness masyarakat mengenai pembiayaan porsi haji di Pegadaian melalui berbagai kegiatan pemasaran dan komunikasi yang efektif. 

Kedua, perusahaan menawarkan program-program tertentu sebagai sweetener bagi nasabah untuk menarik minat lebih banyak masyarakat menggunakan layanan pembiayaan haji dan umrah yang ditawarkan oleh Pegadaian.

Baca Juga :  Ditutup di Level 6.843, IHSG Selasa Melemah -0,17 Persen

Sementara itu, dari data internal Pegadaian, proyeksi pembiayaan haji dan umrah tetap positif di tengah meningkatnya animo perjalanan haji dan umrah pasca Covid-19.

Meskipun animo meningkat, jumlah pendaftar haji belum kembali seperti sebelum pandemi. Salah satu alasan utamanya adalah masa tunggu yang cukup lama, yaitu sekitar 18-43 tahun. 

“Untuk mengatasi hal ini, Pegadaian meluncurkan produk pembiayaan porsi haji plus dengan masa tunggu yang lebih singkat, yaitu sekitar 5-7 tahun. Produk ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat yang ingin mendaftar haji dengan waktu tunggu yang lebih cepat,” tambah Zulfan.

Sedangkan untuk pembiayaan umrah, Pegadaian saat ini bekerjasama dengan travel agent yang memenuhi kriteria khusus untuk mendapatkan harga kompetitif yang akan ditawarkan kepada nasabah.

 

 


https://pasardana.id/news/2024/7/5/omset-pembiayaan-haji-dan-umroh-pegadaian-meroket-hingga-600-per-juni-2024/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here