Home Bisnis MARKET Kementerian ESDM Terus Dorong Rampungkan RUU EBET

Kementerian ESDM Terus Dorong Rampungkan RUU EBET

5
0

Beritamu.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupaya merampungkan Rancangan Undang-Undang Energi Baru Energi Terbarukan (RUU EBET) yang hingga kini masih dibahas dengan Komisi VII DPR RI.

Dari tiga isu yang tertunda, baru dua isu yang disepakati, yakni penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan pemenuhan kebutuhan energi listrik dari EBET.

“RUU EBET sedang di-push terus dan masih ada hal yang masih di-clear-kan lagi untuk mencapai titik temu. Yang paling menjanjikan itu kan terkait pemanfaatan bersama jaringan untuk mengoptimalkan utilitas jaringan listrik yang renewable,” kata Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi dalam media briefing ‘Isu dan Kebijakan Transisi Energi,” di Jakarta, Rabu (3/7).

Mengenai target bauran kebijakan energi baru terbarukan, Hendra bilang, masih dipertahankan 23 persen pada 2025.

“Kita kan masih komitmen yang ini, 23 persen (bauran energi), kan kita kejar, cuma yang review, ini kan rapat-rapat terus nih,” ucap dia.

Dirinya berharap, RUU EBET segera diundangkan pada tahun ini, karena tidak hanya penting untuk mencapai tujuan keberlanjutan energi nasional, tetapi juga untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Baca Juga :  Gerak Cepat, BEI Ajukan Sebagai Penyelenggara Bursa Karbon

“Keinginan kami itu (RUU EBET) supaya segera bisa diundangkan, nanti turunan regulasinya bisa juga dipercepat. Kami inginnya bisa cepat, kan ini sudah dibahas cukup lama,” kata Hendra.


https://pasardana.id/news/2024/7/4/kementerian-esdm-terus-dorong-rampungkan-ruu-ebet/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here