Home Bisnis MARKET Bappebti Ajak Pelaku Usaha Minyak Sawit Aktif Bertransaksi di Bursa CPO Indonesia

Bappebti Ajak Pelaku Usaha Minyak Sawit Aktif Bertransaksi di Bursa CPO Indonesia

6
0

Beritamu.co.id – Kementerian Perdagangan menggelar kegiatan Literasi Bursa CPO Indonesia dengan tema “Kupas Tuntas Bursa CPO Indonesia” yang berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat, pada Kamis (4/7/2024). Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kasan.

Dalam kesempatan tersebut, Kasan mengatakan, Kementerian Perdagangan melalui Bappebti mengajak pelaku usaha minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) Kalimantan Barat untuk berpartisipasi aktif dalam transaksi di Bursa CPO Indonesia. Langkah tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan transaksi di Bursa CPO Indonesia agar makin likuid, terpercaya, dan sesuai harga pasar.

“Pelaku usaha CPO diharapkan tidak lagi menggunakan harga dari bursa Malaysia dan Rotterdam, tapi sepenuhnya menggunakan harga dari Bursa CPO Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kasan mengharapkan Bursa CPO Indonesia dapat membentuk harga CPO yang menjadi rujukan di pasar domestik maupun internasional. Hal tersebut karena harga yang tercipta di Bursa CPO Indonesia diperoleh secara transparan, adil, dan sesuai waktu nyata.

Baca Juga :  Siap Beroperasi, Lapangan Gas Selat Madura Diharapkan Tingkatkan Produksi Gas Nasional

Saat ini, Bursa CPO Indonesia telah memiliki anggota sebanyak 51 pelaku usaha yang memfasilitasi perdagangan CPO secara fisik dan futures. Nilai transaksi dalam Bursa CPO Indonesia mencapai 17.356 lot atau 86.780 ton pada Januari–Juni 2024. Sementara, transaksi fisiknya masih perlu dioptimalkan.

Sebagai narasumber pada kegiatan ini yaitu Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan, Farid Amir; Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi, Tirta Karma Senjaya; serta Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian.

Turut hadir pada kegiatan ini Sekretaris Bapppebti, Olvy Andrianita; Kepala Biro Humas, Muhammad Rivai Abbas; Kepala Dinas Perindag dan ESDM Provinsi Kalimantan Barat, Adi Yani; Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat, Heronimus Hero; Komisais ICDX, Feny Widjaya; serta pimpinan asosiasi dan pelaku usaha kelapa sawit.

 


https://pasardana.id/article/2024/7/4/bappebti-ajak-pelaku-usaha-minyak-sawit-aktif-bertransaksi-di-bursa-cpo-indonesia/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here