Home Bisnis MARKET Anak Usaha TOWR Tuntaskan Akuisisi IBST

Anak Usaha TOWR Tuntaskan Akuisisi IBST

17
0

Beritamu.co.id – PT Sarana Menara Nusantara Tbk (IDX: TOWR) melalui anak usahanya, yaitu; PT Iforte Solusi Infotek (Iforte) telah mengakuisisi sebanyak 90,11% dari total modal yang disetor dan ditempatkan PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IDX: IBST) dengan nilai sebesar Rp2.813 per lembar saham, atau sebesar Rp3.424.246.398.899.

TOWR melalui anak usaha, PT Iforte Solusi Infotek (Iforte) telah menuntaskan pengambilalihan saham PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IDX: IBST) pada tanggal 1 Juli 2024,” sebut Monalisa Irawan selaku Corporate Secteraty TOWR dalam keterangan tertulis, Selasa (02/7). 

Dijelaskan, pengambilalihan saham itu dilakukan Iforte dari para penjual, yaitu; PT Bakti Taruna Sejati (pemegang saham mayoritas IBST), PT Inovasi Mas Mobilitas, PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (IDX: DSSA) dan PT DSST Mas Gemilang dan dilakukan melalui proses tender/lelang yang diadakan oleh Para Penjual, dimana PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), yang merupakan anak perusahaan terkendali yang dimiliki secara langsung oleh TOWR, turut berpartisipasi dalam pelaksanaan tender/lelang dimaksud, hingga dipilih sebagai pemenang dari tender/lelang (preferred bidder).

Baca Juga :  ANALIS MARKET (03/7/2023) : IHSG Berpeluang Menguat

Setelah Protelindo terpilih sebagai pemenang dari tender/lelang (preferred bidder), Protelindo kemudian menunjuk Iforte yang juga merupakan anak perusahaan yang dimiliki langsung oleh Protelindo, untuk bertindak sebagai pembeli dalam Pengambilalihan Saham.

Adapun transaksi Pengambilalihan Saham ini merupakan transaksi material bagi TOWR sesuai regulasi OJK dalam POJK No. 17/POJK.04/2020 dimana nilainya melebihi 20% tetapi tidak melebihi 50% dari nilai ekuitas Perseroan berdasarkan Laporan Keuangan Perseroan (audited) yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Namun demikian, karena Pengambilalihan Saham dilakukan melalui proses tender/lelang, maka Perseroan tidak wajib menggunakan penilai, tetapi tetap diwajibkan untuk melakukan keterbukaan informasi kepada masyarakat dan OJK.

”Tujuan pengambilalihan ini untuk pengembangan usaha serta memperluas jaringan usaha dalam rangka memperkuat posisi bisnis grup Perseroan di bidang digital infrastruktur telekomunikasi,” tandas Monalisa Irawan.

 


https://pasardana.id/news/2024/7/3/anak-usaha-towr-tuntaskan-akuisisi-ibst/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here