Home Bisnis MARKET KSN 2024, Komitmen Kemenkeu dalam Membangun Toleransi dan Persatuan Generasi Muda Indonesia

KSN 2024, Komitmen Kemenkeu dalam Membangun Toleransi dan Persatuan Generasi Muda Indonesia

7
0

Beritamu.co.id – Dalam rangka untuk mempersatukan seluruh negeri di bawah semangat kebangsaan, Kementerian Keuangan kembali menggelar acara Kemenkeu Satu Negeri (KSN) 2024, kali ini bertajuk “Bersatu untuk Mengabdi”.

Memasuki tahun keempat, KSN akan dilaksanakan selama 5 hari yang diikuti oleh 154 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mewakili berbagai daerah di tanah air.

Kegiatan ini secara serempak dilaksanakan di 5 lokasi yaitu Jakarta, Palembang, Pontianak, Palu, dan Manokwari.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, bahwa program KSN ini sebagai cara untuk membangun toleransi di berbagai daerah, sekaligus juga untuk memperkuat rasa persatuan sebagai bagian dari identitas nasional.

“Negara ini menjadi baik kalau kita semua tidak terkecuali ikut memelihara, menjaga dan terus membangunnya – Kemenkeu Satu Negeri ini adalah bagian dari sedikit Kementerian Keuangan ingin ikut serta di dalam menjaga dan memelihara Indonesia sebagai sebuah negara, sebuah bangsa, yang kita mau bangun terus bersama menjadi baik,” ungkap Menkeu dalam sambutannya pada acara Kemenkeu Satu Negeri, Senin (1/7/2024) di Jakarta.

Selain itu, Menkeu juga menekankan pentingnya memahami perbedaan sebagai landasan untuk mempersatukan bangsa dan menjaga Indonesia.

Oleh karenanya, Kemenkeu Satu Negeri mencerminkan komitmen Kementerian Keuangan membangun dan menjaga kesatuan bangsa.

Baca Juga :  Indeks Nikkei Naik 0,68 Persen

“Kita boleh beda pilihan, tapi kita tidak bermusuhan. Itu yang perlu ditanamkan semenjak kalian kecil. Ini membutuhkan sebuah pengalaman nyata dan saya senang sekali kalian bisa mendapat pengalaman nyata itu karena program KSN. Indonesia itu adalah titipan dari nenek moyang kita ke kita. Jadi kalian semuanya menjadi sadar bahwa kalian di titipi sebuah bangsa dan negara yang begitu berharga. Tolong dipelihara dan dijaga, termasuk terus membangun dan memperbaikinya,” harapnya.

Lebih lanjut, Menkeu berpesan, setelah mengikuti program ini para peserta akan dapat membawa pulang pengalaman berharga juga semangat menjadi agen perubahan positif di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, program ini juga bermanfaat sebagai langkah nyata untuk membangun karakter dan sikap positif di kalangan generasi muda Indonesia yang dapat terus berkembang dan menginspirasi.

“Saya berharap, kalian akan banyak mendapatkan pengalaman yang luar biasa di tempat kalian nanti tinggal selama 5 hari. Kalian bisa tahu mengenai perbedaan, menghargai orang-orang yang berbeda, tetap bisa saling memahami, menyayangi dan menghormati. Namun kita tetap menjaga perbedaan dengan segala aspek. Selamat menjalani program Kemenkeu satu negeri. Semoga yang kalian alami akan menjadi bekal yang luar biasa dan jangan lupa membagi bekal kalian kepada seluruh teman-teman kalian,” pungkasnya.


https://pasardana.id/article/2024/7/1/ksn-2024-komitmen-kemenkeu-dalam-membangun-toleransi-dan-persatuan-generasi-muda-indonesia/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here