Beritamu.co.id – Guna mendorong pertumbuhan penjualan, emiten produsen cat PT Avia Avian Tbk (IDX: AVIA) menjalin kolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (IDX: BBTN).
Kerja sama dua perusahaan terbuka ini dituangkan dalam Nota Kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan nomor Bank BTN 02/MOU/DIR/IV/2024 dan nomor PT Avia Avian Tbk 032/AA/DIR/IV/2024.
Melansir siaran pers, Senin (13/5) disebutkan bahwa, maksud dan tujuan dari perjanjian kerja sama yang tertuang dalam MoU adalah kerja sama yang saling menguntungkan antara PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan PT Avia Avian Tbk dalam hal mereferensikan produk kepada mitra kerja masing-masing.
Dalam hal ini, pihak PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan merekomendasikan produk-produk cat dan bahan bangunan dari PT Avia Avian Tbk kepada para Nasabah, terutama Nasabah yang bergerak di bidang kontraktor/developer.
Sedangkan PT Avia Avian Tbk akan merekomendasikan produk Perbankan milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk kepada pelanggan maupun distributor.
Selain itu, kedua perusahaan sepakat dalam penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan, baik perusahaan maupun pemangku kepentingan dapat menggunakan jasa-jasa perbankan dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dalam menghimpun dana maupun menyalurkan kemali dalam bentuk kredit/pembiayaan.
Untuk diketahui, pada tahun 2024 ini, AVIA menargetkan pertumbuhan sekitar 6%-10%.
Setelah momen Lebaran, diperkirakan penjualan cat Avia akan mengalami penurunan karena libur panjang. Setelah itu, penjualan kembali berangsur normal.
Untuk memacu penjualan pada 2024 sesuai target, Avian mencanangkan berbagai strategi.
Pertama, meluncurkan produk baru di berbagai segmen untuk memperluas basis konsumen.
Pada kuartal II-III/2023, Avian meluncurkan 5 produk cat ekonomis untuk segmen menengah-bawah. Hal itu terasa pada pertumbuhan penjualan kuartal IV/2023 hingga 13,3%.
Ke depannya, Avia akan kembali meluncurkan berbagai produk yang menyasar segmen menengah-atas dan berfokus ke cat dinding.
“Walaupun Avia menjadi market leader di industri cat dengan estimasi pangsa pasar 23%, di segmen cat dinding masih nomor 3 terbesar. Segmen cat dinding ini paling banyak pemainnya, makanya kami juga akan tingkatkan karena potensinya besar,” kata Head of Investor Relation Avian, Andreas Hadikrisno.
Adapun untuk strategi kedua, ialah mempercepat alokasi mesin tinting di toko bangunan untuk mendukung strategi inovasi produk.
Sedangkan strategi ketiga, dengan memperluas pusat distribusi untuk memperkuat penetrasi produk.
Keempat, melanjutkan program express delivery. Pada tahun 2023, AVIA membuka 9 pusat distribusi sendiri, 10 mini pusat distribusi yang sepenuhnya dimiliki, dan 3 pusat distribusi pihak ketiga.
https://pasardana.id/news/2024/5/14/avia-dan-bbtn-jalin-kerjasama-strategis-saling-tingkatkan-kinerja/
Beritamu.co.id - Emiten bidang usaha Bongkar muat barang dari dan ke kapal, meliputi cargodoring,…
Beritamu.co.id - Bank Indonesia (BI) menyampaikan, kegiatan operasional Bank Indonesia ditiadakan pada hari Pemungutan…
Beritamu.co.id - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan nilai investasi Samsung dan Xiaomi memiliki…
Beritamu.co.id - Riset harian MNC Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (25/11), secara teknikal, IHSG kembali…
Beritamu.co.id - Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan P. Roeslani,…
Beritamu.co.id - Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menginformasikan tiket kereta api…