Home Bisnis MARKET Jokowi Resmikan Pembangunan Superblok Nusantara di IKN, Nilai Investasinya Sebesar Rp3 Triliun

Jokowi Resmikan Pembangunan Superblok Nusantara di IKN, Nilai Investasinya Sebesar Rp3 Triliun

10
0

Beritamu.co.id – Pembangunan Proyek (groundbreaking) Nusantara Superblok di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur mulai diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (20/12). Pembangunan proyek ini merupakan investasi dari investor Balikpapan senilai Rp 3 triliun.

Jokowo melalui siaran youtube Sekretariat Presiden mengaku senang karena ada investor lokal yang mau turut serta dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara ini.

“Saya sangat senang karena ada investor dari Kalimantan Timur, investor dari Balikpapan yang ikut berperan dalam pembangunan ibu kota Nusantara dan investasinya gede, Rp 3 triliun,” ujar Jokowi.

Perlu diketahui, Nusantara Superblok adalah kawasan terintegrasi yang di dalamnya akan terdapat pusat perbelanjaan, hotel berbintang, apartemen, gedung perkantoran, hingga sekolah internasional. Luas area yang akan dibangun mencapai 7,5 hektare (Ha).

“Lahannya 7,5 hektare, kemudian pusat perbelanjaan 40.000 meter persegi, hotel bintang 5-nya 215 kamar, hotel bintang 4-nya 200 kamar, kemudian masih ditambah apartemen 8 tower, kemudian office building 2 tower, sekolah internasional dan tempat hiburan,” terang Jokowi.

Baca Juga :  ANALIS MARKET (05/12/2022) : IHSG Berpotensi Kembali Melemah

Presiden berharap desain Superblok ini tidak kalah dengan desain dari investor yang berasal dari Jakarta. Karena itu, dirinya berpesan agar pembangunan infrastruktur tersebut mengedepankan konsep ramah lingkungan (green building).

“Karena yang ingin kita bangun kawasan di seluruh ibu kota Nusantara ini adalah kawasan hijau, lingkungan hijau. Jadi konsepnya berbeda dengan kota-kota yang ada di seluruh dunia. Mungkin nanti bisa disampaikan ke Pak Kepala Otorita desainnya biar nanti dibimbing, dikurasi oleh Pak Ridwan Kamil biar konsepnya semuanya sama; kawasan hijau, lingkungan hijau dan green building,” kata Jokowi.

Dengan adanya pembangunan Superblok Nusantara dan infrastruktur lainnya diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di Kalimantan Timur. Dengan begitu, lapangan pekerjaan bisa terbuka lebar di sana.

“Superblok Nusantara ini betul-betul akan jadi daya tarik di IKN dan menjadikan ibu kota IKN sebagai ibu kota negara berkelas dunia yang berbeda dengan ibu kota-ibu kota negara lain,” tandasnya.

 

 

 

 

 


https://pasardana.id/news/2023/12/21/jokowi-resmikan-pembangunan-superblok-nusantara-di-ikn-nilai-investasinya-sebesar-rp3-triliun/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here