Home Bisnis MARKET KKP Berencana Jalin Kerja Sama Dengan Starlink

KKP Berencana Jalin Kerja Sama Dengan Starlink

12
0

Beritamu.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana bekerja sama dengan Starlink untuk memasang sebuah perangkat atau device di kapal perikanan.

Device itu berguna untuk membantu kapal-kapal perikanan mengirimkan data tangkapan secara online melalui aplikasi E-PIT dalam kebijakan Penangkapan Ikan Terukur.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono, mengatakan belum bisa mengungkap berapa jumlah besaran kerja sama antara KKP dan perusahaan milik Elon Musk itu.

Yang jelas, ia berharap agar harga device itu tidak terlalu mahal. Pasalnya, pemerintah berencana akan memasang device itu di kapal-kapal nelayan lokal.

“Ya kalau itu bisa terjadi (dengan starlink), sekarang kan masih mahal device-nya, tapi salah satunya kita akan luncurkan satelit nano yang terkoneksi dengan kapal-kapal. Kalau kapal perusahaan wajib pasang device itu, tapi kalau kapal nelayan lokal yang kecil pemerintah yang menyediakan, yang device itu bisa dibebankan ke pengusaha, tapi (buat nelayan lokal) itu jangan mahal-mahal,” bebernya di Jakarta Pusat, Senin (18/12).

Baca Juga :  ANALIS MARKET (24/11/2022) : IHSG Diperkirakan Bergerak Menguat

Terkait pemasangan device ini, kata Sakti, pihaknya juga akan membeli satelit nano seharga US$ 150 juta atau Rp 2 triliun (kurs Rp 15.485) dari Denmark. 

Dimana, satelit tersebut bakal berfungsi membantu kapal-kapal perikanan mengirimkan data tangkapan secara online melalui aplikasi E-PIT dalam kebijakan Penangkapan Ikan Terukur.

“US$ 150 juta (anggaran buat satelit). (Itu) kita beli yang (satelit) nano, bukan Starlink. Itu (belinya) dari Denmark,” ungkap Sakti.

 

 

 


https://pasardana.id/news/2023/12/19/kkp-berencana-jalin-kerja-sama-dengan-starlink/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here