Home Bisnis MARKET Harga Tender Offer META Rp250 Per Saham, Grup Salim Sebut 34...

Harga Tender Offer META Rp250 Per Saham, Grup Salim Sebut 34 Persen Lebih Mahal

22
0

Beritamu.co.id –PT Metro Pacific Tollways Indonesia Services atau MPTIS, perusahaan terafiliasi dengan  PT Metro Pacific Tollways Indonesia menetapkan harga penawaran wajib atau tender offer PT Nusantara Infrastructure Tbk(IDX:META) sebesar Rp250 per lembar.

Mengutip proposal emiten infrastuktur grup Salim itu pada laman perseroan, Jumat(15/12/2023) bahwa harga tender offer itu lebih dari harga rata rata META selama 90 hari sebelum pengumuman rencana menjadi perusahaan tertutup atau go private.

Sebagai informasi nilai tender offer  Rp250 per saham merupakan harga premium yang 34 persen  lebih tinggi dari harga rata-rata harga tertinggi perdagangan harian di BEI dalam jangka waktu 90 hari terakhir sebelum pengumuman RUPS untuk Rencana Go Private yakni Rp187 per saham,” tulis manajemen META.

MPTIS berencana untuk membeli sebanyak-banyak 4.490.444.344  saham atau setara dengan 25,35 persen yang dimiliki secara kumulatif oleh PT Indonesia Infrastructure Finance dan investor ritel yang diperkirakan mulai 10 Januari-9 Februari 2024.

Bila semua mengikuti tender offer maka MPTIS akan mengeluarkan dana Rp1,122 triliun.

Baca Juga :  Meski Pemerintah Siapkan PMN Rp7,5 Triliun, Akuntan Masih Ragukan Kelangsungan Usaha GIAA

Rencana Go Private itu dapat berjalan jika Jika rencana Go Private disetujui dalam RUPSLB tanggal 19 Desember 2023.

Namun guna melindungi investor, maka persetujuan Pemegang Saham Independen dalam suatu RUPSLB yang wajib dihadiri 50 persen dari surat suara sah  Pemegang Saham Independen.

Jika terpenuhi, maka Rencana Go Private harus disetujui oleh Pemegang Saham Independen yang mewakili lebih dari 50 persen dari jumlah seluruh Saham dengan hak suara yang sah yang dimiliki oleh Pemegang Saham Independen.

Adapun pelaksanaan tender offer sebagai langkah untuk mengurangi jumlah pemegang saham harus kurang dari 50 pihak. Sedangkan saat ini jumah Pemegang Saham publik META 12.491  pemegang saham.

Patut dicatat bagi investor yang sedangkan menjaminkan META, maka mendapatkan persetujuan dari kreditur untuk bisa ikut tender offer.


https://pasardana.id/news/2023/12/16/harga-tender-offer-meta-rp250-per-saham-grup-salim-sebut-34-persen-lebih-mahal/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here