Home Bisnis MARKET AEI Siap Bimbing Emiten Terapkan Asean Scorecard

AEI Siap Bimbing Emiten Terapkan Asean Scorecard

18
0

 

Beritamu.co.id– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharapkan dua hingga lima perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) masuk dalam jajaran perusahaan terbaik dalam penerapan tata kelola perusahaan ditingkat ASEAN.

“ Kami (red-OJK) berharap ada 2 hingga emiten BEI yang masuk Asean Scorecard award tahun 2024,” kata Deputi Komisioner Pengawas Emiten, Transaksi Efek, dan Pemeriksaan Khusus Otoritas Jasa Keuangan, Djustini Septiana di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu(13/12/2023).

Ia bilang, OJK akan mendorong BEI dan konsultan tata kelola Perusahan Terbaik untuk melakukan bimbingan kepada emiten dalam penerapan Asean Scorecard.

“Tahun depan kami dorong bursa dan konsultan melakukan pendampingan satu persatu emiten,” ujar Djustini.

Sementara itu, Ketua Umum Ketua Umum AEI,  Armand Wahyudi Hartono menambahkan, akan bekerjasama dengan regulator dan operator pasar modal untuk membimbing emiten menerapkan Asean Scorecard.

“Kami akan melakukan edukasi kepada emiten. Langkah berikutnya kami siapkan help desk konsultasi terkait Asean Scorecard,” kata dia.

Namum dia bilang bimbingan konsultasi tersebut tidak terbatas pada bimbingan penerapan Asean Scorecard tapi mulai tahun depan akan dibuka bimbingan hukum.

“Jadi emiten akan mendapat up date peraturan hingga GCG,” jelas dia.
Sementara itu dalam rangka perayaan 35 tahun berdirinya AEI dengan mengusung tema Pasar Modal Peduli Generasi Mendatang – Aksi Peduli Stuntung dan Praktik ESG yang bertanggung jawab.

Baca Juga :  Indeks Nikkei Berakhir Datar

Adapun Pasar Modal Peduli Generasi Mendatang ini didukung oleh 25 emiten yang berasal dari berbagai sektor industri yaitu PT Bank Central Asia Tbk, PT Astra International Tbk, PT Pakuwon Jati Tbk, PT Barito Pacific Tbk, PT Mastersystem Infotama Tbk, PT Sumarecon Agung Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Trimegah Bangun Persada Tbk, PT Dharma Polimetal Tbk, PT Mayora Indah Tbk, PT Adaro Energy Tbk, PT Bank BTPN Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Pegadaian (Persero), PT Hasnur Internasional Shipping Tbk, PT Bank Mestika Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Sri Rejeki Isman Tbk, PT Bank Danamon Tbk, BFI Finance, PT Bank Multiarta Sentosa Tbk, PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk.

Donasi yang terkumpul di pada periode pertama bulan Desember ini telah mencapai lebih dari 1 milyar rupiah dan diharapkan akan terus bertambah pada periode bulan berikutnya seiring dengan partisipasi dan solidaritas dari anggota AEI yang semakin meningkat.

 


https://pasardana.id/news/2023/12/13/aei-siap-bimbing-emiten-terapkan-asean-scorecard/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here