Home Bisnis MARKET Bila TikTok Pengendali, Aset GOTO Akan Terkoreksi

Bila TikTok Pengendali, Aset GOTO Akan Terkoreksi

12
0

Beritamu.co.id PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO) akan mengeluarkan aset Tokopedia dari laporan keuangannya jika TikTok telah menjadi pengendali Tokopedia.

Perubahan pengendalian pada Tokopedia itu seiring dengan rencana TikTok yang akan menanamkan modal senilai USD1,5 miliar pada Tokopedia.

Menurut Pengamat Pasar Modal, Yanuar Rizky, bahwa hal itu merupakan dampak dari berkurangnya porsi kepemilikan pada Tokopedia dari 99,9 persen menjadi 24,99 persen.

“Artinya, sesuai Standar Akuntansi dengan tidak lagi menjadi pengendali, maka Laporan Keuangan Tokopedia tidak lagi konsolidasi ke GOTO. Statusnya bukan lagi anak usaha, tapi investasi portofolio saham yang nilainya sesuai harga wajar saham Tokopedia setiap masa tutup buku Akuntansi,” papar dia dalam media sosialnya, Selasa (12/12/2023).

Rizky melanjutkan, dilusi porsi saham GOTO pada Tokopedia itu menunjukkan terjadinya revaluasi saham Tokopedia, karena masuknya TikTok akan membuat revaluasi goodwill di neraca aktiva Tokopedia.

“TikTok lah yang punya selisih positif aktiva atas pasiva, jadi dugaan saya, kata dilusi ini menunjukan, goodwill TikTok mendilusi modal saham GOTO di Tokopedia. Goodwill itu revaluasi akibat akuisisi, bukan uang tunai. Tapi, modal valuasi!,” papar dia.

Baca Juga :  UNVR Akan Tebar Dividen Interim Rp69 Per Lembar

Sebagai gambaran, dia men-tamsilkan rencana transaksi itu dengan investasi Telkomsel pada GOTO pada saat merger Gojek dan Tokopedia.

“Ini dampak Pemberlakuan Standar Akuntansi (PSAK) 22. Pada saat itu, saya juga memberi catatkan dan mengkritisi uang Telkom (IDX: TLKM) via Telkomsel dipakai untuk merevaluasi harga saham sehingga GOTO meloncat,” papar Yanuar Rizky.


https://pasardana.id/news/2023/12/12/bila-tiktok-pengendali-aset-goto-akan-terkoreksi/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here