Home Bisnis MARKET Mendag Ajak Konsumen Borong Produk UMKM di Harbolnas 2023

Mendag Ajak Konsumen Borong Produk UMKM di Harbolnas 2023

11
0

 

Beritamu.co.id – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan kembali mengajak masyarakat memanfaatkan Hari Belanja Nasional (Harbolnas) untuk berbelanja produk lokal, khususnya produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pemerintah berharap UMKM semakin banyak bergabung ke platform niaga elektronik (e-commerce) agar semakin luas pemasarannya.

Saat ini, pelaku UMKM sudah mulai merambah platform niaga elektronik dan mendapatkan berbagai macam manfaat terutama pasar yang semakin besar. Puncak Harbolnas diselenggarakan pada Selasa (12/12/2023). Demikian disampaikan Mendag usai kegiatan ‘Live Shoping Bareng UMKMHARBOLNAS 2023’ di Jakarta, pada Senin (11/12/2023).

Pada acara ini, Mendag juga berdialog dengan pelaku UMKM yaitu, Gosisonline dan Mukhayla Shoes.

“Besok puncak Harbolnas mulai jam 12.00 malam sampai jam 12.00 malam hari berikutnya. Banyak produk UMKM yang bagus dengan harga ekonomis,” ujarnya.

Mendag Zulkifli Hasan juga menyebutkan, perekonomian Indonesia ditopang oleh UMKM dengan kontribusi mencapai 60 persen dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

“Jadi UMKM sangat menentukan perekonomian Indonesia. Kuncinya UMKM maju, ekonomi maju,” tegasnya.

Baca Juga :  ANALIS MARKET (10/8/2021) : Pergerakan IHSG Cenderung Melemah

Ia menyatakan pelaku UMKM yang bergabung di lokapasar (marketplace) akan berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan seperti pengemasan, peningkatan kualitas, dan pemasaran produk.

“Melalui e-commerce produk UMKM Indonesia bisa menembus pasar di manapun. Untuk itu, UMKM ayo ikut e-commerce,” imbuhnya.

Harbolnas 2023 dilaksanakan selama tiga hari, yang terdiri dari Hari Belanja Online Produk Nasional dilaksanakan pada 10–11 Desember 2023 dan puncaknya Harbolnas pada 12 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti pelaku usaha yang berdagang melalui platform digital, dengan menyediakan berbagai bentuk fasilitas ruang promosi barang dan/atau jasa, khususnya produksi dalam negeri.

 


https://pasardana.id/mendag-ajak-konsumen-borong-produk-umkm-di-harbolnas-2023/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here