Home Bisnis MARKET Investor Korea Minat Investasi Energi Hijau di Pasuruan Senilai Rp50 Triliun

Investor Korea Minat Investasi Energi Hijau di Pasuruan Senilai Rp50 Triliun

18
0

Beritamu.co.id– Investor asal Korea Selatan telah menyatakan minat menanamkan modal hingga Rp50 triliun untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Kabupaten Pasuruan.

Menurut Kepala Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Achmad bahwa investor asal Korea Selatan berminat mengembangkan pembangkit listrik energi hijau itu  untuk menangkap peluang kebutuhan pelaku industri pengolahan di Pasuruan yang harus menurunkan emisi karbon.

“Industri di Pasuruan akan menggunakan penggunaan listrik energi baru terbaruan untuk menutupi kelebihan emisi karbon yang dihasilkanya. Jadi peluang itu yang ditangkap Korean Energy,” papar dia dalam paparan Investasi Ghatering di Jakarta,Kamis(7/12/2023).

Ia menambahkan investor Korea itu tertarik berinvestasi di Kabupaten Pasuruan juga karena ditopang lokasinya terletak segitiga jalur ekonomi Jawa Timur dan terdapat lima kawasan strategis

“Tadinya Korea Energy itu sudah melirik Jombang tapi karena ada pintu Tol Pasuruan, maka mengalihkannya ke Pasuruan,”tambah dia.

Lebih lanjut dia bilang rencana investasi Korea Energy itu akan ditopang oleh penetapan tata ruang Kabupaten Pasuruan.

“Mudah mudahan penetapan tata ruang telah disetujui Menteri pada bulan depan,”imbuh dia.  

Baca Juga :  ANALIS MARKET (01/12/2022) : IHSG Berpotensi Bergerak Menguat

Sementara itu, Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto menjelaskan, Kabupaten Pasuruan memiliki iklim usaha yang kondusif dalam sektor industri dengan didukung Kawasan Industri PIER seluas 550 hektar.

“Pasuruan juga di dukung oleh limpahan bahan baku untuk industri pengolahan,” ujar dia.

Dengan kondisi itu, dia yakin akan membukukan nilai pelaksanaan investasi sepanjang tahun 2023 sebesar Rp10,5 triliun. Sementara ini hingga Sembilan bulan 2023 telah membukukan nilai investasi Rp8,9 triliun.

“Mudah mudahan realisasi investasi Rp10,5 triliun, bahkan bisa lebih. Ini belajar dari pengalaman tahun 2019 mencapai Rp18,9 triliun dari target awal hanya Rp9 triliun,” ungkap dia.

Masih menurut Andriyanto, Kabupaten Pasuruan memiliki potensi investasi yang punya potensi besar jadi ladang para investor untuk berinvestasi, mulai dari sumber daya air, energi, pariwisata, pertanian, perikanan, peternakan, hingga kawasan industri.

“misalnya, sektor sumber daya air, Kabupaten Pasuruan memiliki 471 sumber mata air yang tersebar di seluruh kecamatan. Ada pula Danau Ranu Grati yang terletak di Kecamatan Grati,”terang dia.

 


https://pasardana.id/news/2023/12/7/investor-korea-minat-investasi-energi-hijau-di-pasuruan-senilai-rp50-triliun/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here