Home Bisnis MARKET Zulhas Sebut Pasar Rakyat Merupakan Jantung Perekonomian Masyarakat

Zulhas Sebut Pasar Rakyat Merupakan Jantung Perekonomian Masyarakat

6
0

Beritamu.co.id – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan atau Zulhas menyampaikan, pasar rakyat merupakan jantung perekonomian rakyat.

Keberadaan pasar rakyat akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

“Ini menjadi denyut nadi ekonomi rakyat untuk mempermudah rakyat memenuhi kebutuhan atas barang kebutuhan pokok. Adanya pasar rakyat akan menumbuhkan pusat pertumbuhan ekonomi baru dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mudah-mudahan pasarnya berkah, maju, dan ramai,” ujar Zulhas saat meresmikan Pasar Tanah Baru, di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (29/11).

Didampingi Wali Kota Bogor, Bima Arya, Mendag Zulhas juga meresmikan Pasar Pamoyanan yang dipusatkan di Pasar Tanah Baru.

Pasar Tanah Baru dirancang dengan berpedoman pada Standar Nasional Indonesia (SNI) Pasar Rakyat yang menekankan aspek kebersihan, keamanan, dan kenyamanan pengunjung sehingga akan meningkatkan transaksi perdagangan.

Pasar rakyat ini direvitalisasi menggunakan anggaran Dana Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2021 senilai Rp4 Miliar melalui penugasan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 98 Tahun 2020.

Baca Juga :  Dana Kelolaan Tumbuh 30 Persen Tahun 2023, Insight Invesment Raih Ini

Pasar Rakyat Tanah Baru dapat menampung 140 pedagang, yang terdiri atas 14 unit kios dan 126 unit los.

Adapun komoditas yang dijual di antaranya barang kebutuhan pokok, sayuran, kuliner, dan pakaian.

Dalam pidato peresmiannya, Mendag Zulhas juga mengungkapkan secara umum, harga barang kebutuhan pokok di Pasar Tanah Baru Bogor stabil dan terkendali.

“Untuk harga-harga barang kebutuhan pokok relatif stabil, bahkan cabai cenderung turun. Untuk harga beras tidak naik, tapi belum turun,” jelas Zulhas.

 


https://pasardana.id/news/2023/11/30/zulhas-sebut-pasar-rakyat-merupakan-jantung-perekonomian-masyarakat/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here