Beritamu.co.id – PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) (IDX : CLEO) yang merupakan produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek CLEO, konsisten bertumbuh dobel digit, dengan membukukan laba bersih sebesar Rp204,8 miliar pada kuartal III 2023, atau tumbuh 35,7% YoY.
Kembali normalnya aktivitas masyarakat pasca pandemi, ditambah dengan penetrasi pasar baru yang dilakukan, telah mengantarkan CLEO pada pencapaian pertumbuhan pendapatan yang mengesankan melampaui rata-rata industri.
Melansir siaran pers Perseroan yang dirilis, Minggu (29/10) disebutkan, selama sembilan bulan pertama 2023 ini, Perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp 1,15 triliun, atau meningkat 13,6% YoY.
Laba kotor Perseroan melonjak 24,0% YoY, mencapai Rp 487,9 miliar, dengan margin kotor tetap stabil di angka 42,3%.
Margin kotor yang stabil ini didukung oleh stabilitas harga bahan plastik, dimana biaya bahan plastik menyumbang sekitar 90% dari biaya bahan baku CLEO.
Dalam hal ini, Perseroan melihat bahwa harga bahan plastik akan tetap stabil, mengingat adanya kelebihan pasokan PET di seluruh dunia.
“Pertumbuhan laba bersih dua digit yang berkelanjutan dapat kami raih, terutama karena didorong oleh strategi Perseroan untuk memperluas kehadiran di seluruh Indonesia sambil menjaga komitmennya untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, serta memanfaatkan jaringan distribusi in-house yang luas. Selain itu, pelaksanaan proses produksi dan distribusi yang dilakukan secara terintegrasi telah memungkinkan CLEO untuk meningkatkan efisiensi, mengoptimalkan manajemen biaya, serta melakukan upaya pemasaran yang efektif,” kata Melisa Patricia, CEO dari CLEO.
Lebih jauh, seiring dengan adaptasi yang dilakukan Perseroan terhadap situasi pasca pandemi, penjualan produk air minum dalam kemasan botol CLEO tercatat sebesar Rp 635,1 miliar atau meningkat 27,5% YoY.
Produk dalam kemasan botol ini berkontribusi hingga 55,1% dari total penjualan Perseroan pada Januari – September tahun ini, atau meningkat dari 43,2% pada periode yang sama tahun lalu.
Sementara itu, penjualan produk non-botol juga tumbuh secara konsisten, meningkat 1,9% YoY menjadi Rp 510,6 miliar.
Kinerja mengesankan kali ini menjadi semakin sempurna dengan keberhasilan Perseroan meraih penghargaan Anugerah Merek Indonesia tahun 2023, yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly pada tanggal 25 Oktober 2023.
Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka Festival Merek tahun 2023 yang digelar Ditjen Kekayaan Intelektual di Kompleks Kemenkumham di Jl. H. R. Rasuna Said Kav 8-9.
https://pasardana.id/news/2023/10/29/kembali-raih-pertumbuhan-dobel-digit-laba-bersih-cleo-tumbuh-35-7-yoy-di-kuartal-iii-2023/
Beritamu.co.id - Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rosan P. Roeslani,…
Beritamu.co.id - Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko menginformasikan tiket kereta api…
Beritamu.co.id - Jap Astrid Patricia selaku Komisaris PT Prima Globalindo Logistik Tbk (IDX: PPGL)…
Beritamu.co.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi meluncurkan Roadmap Pengembangan dan Penguatan Lembaga Keuangan…
Beritamu.co.id - PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) kembali hadir dalam KPR BRI Property…
Beritamu.co.id - PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group) (IDX: DOID), melalui anak…