Categories: MARKET

Erick Thohir Sebut Gelaran AIPF 2023 Jadi Momen BUMN Unjuk Gigi

Beritamu.co.id – Menteri BUMN Erick Thohir menyebut ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF) 2023 menjadi momen yang tepat bagi BUMN untuk menunjukkan peran strategisnya dalam pembangunan nasional.

 

“AIPF juga jadi momentum untuk menunjukkan peran strategis BUMN, serta memperluas kerja sama investasi pada proyek-proyek strategis BUMN untuk kemajuan Indonesia dan memperkokoh posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi,” kata Erick beberapa waktu lalu.

 

Erick mengatakan ada delapan BUMN yang terlibat dalam rangkaian acara AIPF, seperti BRI, Pertamina, PLN, Bank Mandiri, BNI, MIND ID, Telkom Indonesia, dan InJourney bersama Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), Standard Chartered, Google, Sun Cable, British Chamber of Commerce.

 

Erick pun berharap gelaran AIPF 2023 ini dapat menjadi platform inklusif yang dapat menghasilkan kerja sama konkret dalam mempromosikan kolaborasi di Indo-Pasifik. Untuk itu, dirinya mendorong BUMN untuk terlibat aktif dalam forum tersebut dan memberikan dampak signifikan bagi perekonomian negara.

 

Sebagai informasi, AIPF 2023 mengusung tiga agenda prioritas dalam kerangka kerja sama ASEAN dan Indo-Pasifik, yaitu infrastruktur hijau dan rantai pasok yang tangguh, transformasi digital dan ekonomi kreatif, serta pembiayaan yang berkelanjutan dan inovatif. 

 

Diana sejumlah pemimpin negara, pimpinan organisasi, dan perusahaan akan menjadi pembicara kunci pada acara yang turut menghadirkan para investor dan pelaku industri di kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik.

Related Post

 

Erick mendorong perusahaan-perusahaan BUMN untuk mengekspansi bisnisnya dengan fokus beberapa sektor strategis, antara lain energi dan pertambangan, pertanian, perkebunan, telekomunikasi, transportasi dan keuangan.

 

“Perusahaan-perusahaan BUMN didorong melakukan ekspansi dengan fokus beberapa sektor strategis dari energi dan pertambangan ke pertanian, perkebunan, telekomunikasi, transportasi dan keuangan karena BUMN merupakan poros, baik dalam ekonomi maupun pembangunan di Indonesia. Adanya peran aktif BUMN dalam tingkat ASEAN-Indo Pacific diharapkan dapat membawa dampak positif bagi ekonomi nasional serta menjadi wujud konkret kerja sama bisnis antar negara anggota,” beber Erick.

 

Untuk diketahui, AIPF 2023 digelar sebagai flagship side event KTT Asean ke-43 di Jakarta. Gelaran ini berlangsung pada 5-6 September 2023.

 

 


https://pasardana.id/news/2023/9/5/erick-thohir-sebut-gelaran-aipf-2023-jadi-momen-bumn-unjuk-gigi/

Yulia Vera

Recent Posts

Indeks Kospi Naik 0,49 Persen

Beritamu.co.id - Indeks Kospi di Bursa Efek Korea, Seoul, Korea Selatan, naik 12,57 poin,…

6 mins ago

PELNI Salurkan Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi Poltekpel Surabaya

Beritamu.co.id-PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menyalurkan bantuan dana beasiswa bagi mahasiswa…

37 mins ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Diperkirakan Cenderung Bergerak di Zona Hijau

Beritamu.co.id - Riset harian FAC Sekuritas menyebutkan, pada perdagangan kemarin (19/9), IHSG ditutup menguat…

2 hours ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpeluang untuk Terus Menguat

Beritamu.co.id - Riset harian Kiwoom Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (19/9), IHSG ditutup menguat +0,97% ke level…

2 hours ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpeluang untuk Terus Menguat

Beritamu.co.id - Riset harian Kiwoom Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (19/9), IHSG ditutup menguat +0,97% ke level…

2 hours ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpotensi Lanjutkan Penguatan

Beritamu.co.id - Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, Indeks-indeks utama Wall Street mencapai rekor…

3 hours ago