Categories: MARKET

Wamendag Klaim Harga Kebutuhan Bahan Pokok Secara Umum Masih Stabil

Beritamu.co.id – Pemerintah lewat Kementerian Perdagangan telah bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan bahan pokok (bapok). 

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga mengatakan, beberapa bapok mengalami fluktuasi harga meskipun secara umum masih tetap stabil.

Saat melakukan pemantauan stok dan harga barang kebutuhan bapok di Pasar Bukit Sulap, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, Minggu (6/8), Jerry berkesempatan berdialog langsung dengan para pedagang.

Jerry mengklaim, beberapa komoditas seperti telur dan bawang putih harganya kini mulai berangsur turun, setelah sempat mengalami kenaikan.

“Hasil komunikasi dengan pedagang, memang harga telur, dan bawang putih sempat naik. Hari ini kita cek langsung ke pedagang, harganya mengalami penurunan. Memang fluktuatif namun tetap kondusif,” ujar Jerry dalam keterangan resmi, Minggu (6/8).

Jerry pun menyebutkan, pemantauan ini dilakukan guna memastikan stabilitas harga dan ketersediaan bapok di pihak pedagang maupun distributor.

Berdasarkan pantauannya, harga beras medium tercatat Rp 11.000/kg, beras premium Rp 13.000/kg, gula pasir Rp 14.000/kg, minyak goreng curah Rp 15.000/liter, MINYAKITA Rp 14.000/liter, minyak goreng kemasan premium Rp 20.000/liter, daging sapi Rp 130.000/kg, bawang merah Rp 35.000/kg, tepung terigu Rp 13.000/kg, cabai merah keriting Rp 30.000/kg, cabai merah besar Rp 30.000/kg, cabai rawit merah Rp 30.000/kg, dan bawang putih honan Rp 38.000/kg.

Kunjungan Jerry ke pasar Bukit Sulap ditemani Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe; Ketua DPRD Lubuklinggau Rd Wijaya; serta Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Lubuklinggau, Surya Darma.

Related Post

Pasar Bukit Sulap merupakan salah satu pasar utama di Kota Lubuklinggau.

Pasar yang dibangun pada 2006 ini, menempati area seluas 9.550 m² dan mampu menampung 384 kios dan 1.162 los dengan jumlah pedagang sebanyak 312 orang.

Usai melakukan pemantauan ketersediaan dan harga bapok di pasar Bukit Sulap, Jerry juga melakukan kunjungan ke UMKM Lubuklinggau, yakni Aren Oleh Oleh Linggau dengan produk berupa makanan olahan berbahan dasar gula aren dan sentra batik Duren.

Menurutnya, Kementerian Perdagangan akan mendukung kemajuan dan berpihak kepada pengembangan UMKM, mengingat UMKM merupakan salah satu pilar perdagangan.

“Oleh karena itu, kami siap untuk membantu, memfasilitasi, dan bekerja sama serta bersinergi dengan seluruh unsur Pemerintah Kota Lubuklinggau dan pelaku UMKM di Kota Lubuklinggau supaya pelaku UMKM mendapat dukungan, keberpihakan, dan mendapat akses dan bahkan ke depannya bisa menembus pasar mancanegara,” jelasnya.

 


https://pasardana.id/news/2023/8/7/wamendag-klaim-harga-kebutuhan-bahan-pokok-secara-umum-masih-stabil/

Yulia Vera

Recent Posts

Paradise Indonesia Manfaatkan Tren Pertumbuhan Wisata untuk Dorong Kinerja di Semester II 2024

Beritamu.co.id — PT Indonesian Paradise Property Tbk (IDX: INPP), yang dikenal dengan properti-properti ikoniknya di…

21 mins ago

BCA Ajak 92 Pelaku UMKM Ikuti Program Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024 di Medan

Beritamu.co.id - Sebagai wujud nyata atas dukungan BCA terhadap kemajuan UMKM Indonesia, PT Bank…

2 hours ago

Indeks Nikkei Melonjak 1,53 Persen

Beritamu.co.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, melonjak 568,58 poin, atau…

2 hours ago

Indeks Kospi Naik 0,49 Persen

Beritamu.co.id - Indeks Kospi di Bursa Efek Korea, Seoul, Korea Selatan, naik 12,57 poin,…

3 hours ago

PELNI Salurkan Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi Poltekpel Surabaya

Beritamu.co.id-PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menyalurkan bantuan dana beasiswa bagi mahasiswa…

3 hours ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Diperkirakan Cenderung Bergerak di Zona Hijau

Beritamu.co.id - Riset harian FAC Sekuritas menyebutkan, pada perdagangan kemarin (19/9), IHSG ditutup menguat…

5 hours ago