Categories: MARKET

Percepat Swasembada Gula, Presiden Jokowi Terbitkan Perpres

Beritamu.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 40 Tahun 2023 mengenai Percepatan Swasembada Gula Nasional dan Penyediaan Bioetanol sebagai Bahan Bakar Nabati (Biofuel).  

Adapun perpres tersebut dikeluarkan dalam rangka menyiapkan peta jalan untuk melakukan swasembada gula nasional dan penyediaan tebu untuk produksi bioetanol sebagai bahan bakar nabati.

“Percepatan swasembada gula nasional dan penyediaan bioetanol sebagai bahan bakar nabati (biofuel) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mencakup pemenuhan kebutuhan gula konsumsi dan industri, serta peningkatan produksi bioetanol yang berasal dari tebu sebagai bahan bakar nabati (biofuel),” tulis beleid tersebut, dikutip Minggu (18/6/2023).

Dalam rangka percepatan swasembada gula nasional dan penyediaan bioethanol, ada beberapa poin yang akan direalisasikan oleh pemerintah.

Pertama, peningkatan produktivitas tebu sebesar 93 ton per hektare melalui perbaikan praktik agrikultur berupa pembibitan, penanaman, pemeliharaan tanaman, dan tebang muat angkut.

Kedua, pemerintah akan melakukan penambahan areal lahan baru perkebunan tebu seluas 700.000 hektare yang bersumber dari lahan perkebunan, lahan tebu rakyat, dan lahan kawasan hutan.

“Sumber lahan kawasan hutan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b diperoleh melalui perubahan peruntukan kawasan hutan, penggunaan kawasan hutan, dan/atau pemanfaatan kawasan hutan dengan perhutanan sosial dan sistem multi usaha,” tulis beleid tersebut.

Kemudian, yang ketiga, pemerintah akan melakukan peningkatan efisiensi, utilisasi, dan kapasitas pabrik gula untuk mencapai rendemen sebesar 11,2%.

Keempat pemerintah akan mengupayakan peningkatan kesejahteraan petani tebu.

Related Post

Yang terakhir, pemerintah akan melakukan peningkatan produksi bioetanol yang berasal dari tanaman tebu paling sedikit sebesar 1,2 juta kilo liter.

Beleid itu juga menetapkan target-target swasembada gula yang harus dicapai di Indonesia.

Dalam Perpres 40 tahun 2023 ini dijelaskan, swasembada untuk kebutuhan konsumsi dapat diwujudkan paling lambat 2028.

Kemudian swasembada gula untuk kebutuhan industri diwujudkan paling lambat 2030.

Di tahun yang sama ditarget, Indonesia juga sudah mampu melakukan peningkatan produksi bioetanol.

 


https://pasardana.id/news/2023/6/19/percepat-swasembada-gula-presiden-jokowi-terbitkan-perpres/

Yulia Vera

Recent Posts

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpotensi Mencoba Menguat Kembali, 6 Saham Ini Bisa Jadi Pilihan Trading

Beritamu.co.id - Riset harian BNI Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup naik 0.97% diperdagangan kemarin (19/9), dan masih…

45 mins ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpotensi Mencoba Menguat Kembali, 6 Saham Ini Bisa Jadi Pilihan Trading

Beritamu.co.id - Riset harian BNI Sekuritas menyebutkan, IHSG ditutup naik 0.97% diperdagangan kemarin (19/9), dan masih…

45 mins ago

Peduli Keberlangsungan Produksi Beras, Bulog Gelar IIRC 2024 di Bali

Beritamu.co.id - Perum Bulog menyelenggarakan gelaran kegiatan bernama Indonesia International Rice Conference (IIRC) 2024…

1 hour ago

Imbas Kehadiran AI, Puluhan Juta Lapangan Pekerjaan Hilang di Tahun 2025

Beritamu.co.id - Kehadiran kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) atau otomasi di berbagai sektor kehidupan, akan…

2 hours ago

Cadangan Minyak AS Turun, Harga Minyak Dunia Naik

Beritamu.co.id - Harga minyak dunia naik pada Kamis (19/9/2024) dipicu penurunan cadangan minyak mentah…

3 hours ago

Jokowi Tegaskan Freeport Sekarang Milik Bangsa Indonesia

Beritamu.co.id - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa PT Freeport Indonesia saat ini bukan lagi…

9 hours ago