Categories: MARKET

Investasi Macet, WIKA Ajukan Penundaan Bayar Utang Bank

Beritamu.co.id– PT Wijaya Karya Tbk(IDX:WIKA)  mengakui tengah mengajukan penundaan pembayaran utang perusahaan atau standstill  kepada  kreditur lembaga keuangan.

Dalam jawaban resmi emiten karya BUMN itu atas pertanyaan regulator bursa yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia(BEI), Jumat(26/5/2023).

Dijelaskan, pengajuan Standstill ini dilakukan untuk memperbaiki struktur keuangan WIKA secara jangka panjang yang disebabkan adanya ketidakseuaian atau mismatch  pinjaman untuk pendanaan pada investasi jangka panjang.

Sayangnya, investasi itu belum dapat memberikan imbal hasil  bagi perusahaan, sehingga beban atas pendanaan tersebut menurunkan laba bersih. Selain itu kebutuhan akan pengajuan Standstill ini juga terjadi dikarenakan adanya tekanan pandemi Covid-19 terhadap para pemberi kerja mengalami gangguan pembayaran, sehingga mengganggu kapasitas pengembalian pinjaman dari perseroan.

Pengajuan Standstill ini dilakukan untuk memperbaiki struktur keuangan WIKA secara jangka panjang yang disebabkan adanya mismatch pinjaman untuk pendanaan pada investasi,” tulis manajemen WIKA.

Adapun langkah yang tengah dijalan guna keluar dari kemelut keuangan itu, WIKA melakukan penitikberatkan ulang bisnis dengan memperbanyak proyek-proyek Pemerintah, karena memiliki pola pembayaran progres bulanan dengan uang muka. Langkah ini membuat proyek pemerintah mencapai 77 persen dari total proyek WIKA.

Related Post

Langkah berikutnya, WIKA giat mendorong optimalisasi teknologi digital dalam proses produksi dan engineering seperti BIM dan Platform ERP Digital (SAP) sehingga proses produksi lebih efisien dan pengendalian biaya dan arus kas yang lebih robust, serta efisiensi biaya usaha untuk mendorong profitabilitas yang lebih baik terbukti dari tahun 2019 sampai 2022, Perseroan berhasil mengefisiensikan biaya usaha sebesar 22 persen.

Untuk diketahui utang jangka pendek dengan pihak berelasi per 31 Maret 2023 mencapai Rp8,5 triliun, Rincian krediturnya, Bank Mandiri Rp3,876 triliun, Sarana Multi Infrastruktur Rp1,5 triliun, BNI Rp990 miliar, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia Rp734 miliar, BRI Rp500 miliar, PT Indonesia Infrastructure Finance Rp500 miliar, Bank Syariah Indonesia Rp258 miliar dan BTN Rp155 miliar.

WIKA juga masih berutang kepada pihak ketiga dengan total pinjaman Rp4,1 triliun. Rincian krediturnya, BTPN Rp1,475 triliun, Bank Panin Rp750 miliar, Bank DKI Rp700 miliar, Bank HSBC Indonesia Rp585,1 miliar, BJBR Rp500 miliar, Bank ICBC Rp90 miliar dan Bank Danamon Rp35,752 miliar.

 


https://pasardana.id/news/2023/5/26/investasi-macet-wika-ajukan-penundaan-bayar-utang-bank/

Yulia Vera

Recent Posts

Paradise Indonesia Manfaatkan Tren Pertumbuhan Wisata untuk Dorong Kinerja di Semester II 2024

Beritamu.co.id — PT Indonesian Paradise Property Tbk (IDX: INPP), yang dikenal dengan properti-properti ikoniknya di…

7 mins ago

BCA Ajak 92 Pelaku UMKM Ikuti Program Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024 di Medan

Beritamu.co.id - Sebagai wujud nyata atas dukungan BCA terhadap kemajuan UMKM Indonesia, PT Bank…

2 hours ago

Indeks Nikkei Melonjak 1,53 Persen

Beritamu.co.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, melonjak 568,58 poin, atau…

2 hours ago

Indeks Kospi Naik 0,49 Persen

Beritamu.co.id - Indeks Kospi di Bursa Efek Korea, Seoul, Korea Selatan, naik 12,57 poin,…

3 hours ago

PELNI Salurkan Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi Poltekpel Surabaya

Beritamu.co.id-PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menyalurkan bantuan dana beasiswa bagi mahasiswa…

3 hours ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Diperkirakan Cenderung Bergerak di Zona Hijau

Beritamu.co.id - Riset harian FAC Sekuritas menyebutkan, pada perdagangan kemarin (19/9), IHSG ditutup menguat…

5 hours ago