Categories: MARKET

Smelter Aluminium CITA dan Adaro Tengah Cari Pinjaman USD1,8 Miliar

Beritamu.co.id- PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI) dan PT Kaltara Power Indonesia (KPI), perusahaan patungan Adaro dan PT Cita Investindo Tbk(IDX:CITA) tengah mengajukan pinjaman senila USD1,8 miliar kepada lembaga keuangan.

Mengutip keterangan resmi CITA pada laman Bursa Efek Indonesia(BEI), Rabu(22/2/2023) bahwa dana pinjaman itu akan digunakan kedua perusahaan patungan tersebut untuk  membangun smelter  Aluminium.

Rencananya,smelter Aluminium itu ber kapasitas produksi sampai dengan 2 juta ton per tahun. Proyek ini akan dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap pertama dengan kapasitas sekitar 500  kilo ton per tahun.

“ Pembangunan Smelter Aluminium serta Sarana Penunjangnya oleh KAI dan KPI, mencakup antara lain pelabuhan (jetty) dan infrastruktur penunjang lainnya,” tulis manajemen CITA.

Untuk menopang rencana itu, CITA turut serta menjadi penjamin perusahaan dari pinjaman yang akan diterima kedua perusahaan patungan itu sesuai dengan porsi sahamnya yakni senilai USD249, 5 juta atau Rp3,804 triliun.

Nilai penjaminan itu setera dengan setara dengan 88,81 persen dari total ekuitas CITA peral 30 September 2022 yang terbilang Rp4,283 triliun. Sehingga CITA perlu meraih persetujuan pemodal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa(RUPSLB) tanggal 31 Maret 2023.

CITA menegaskan, rencana pembangunan smelter itu menjaga  pasokan dan akan menjadi pemasok utama bahan baku bauksit untuk PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW). Pada sisi lain,  WHW dapat menjadi pemasok bagi KAI.

Related Post

Selain itu, dengan dapat beroperasinya KAI dan KPI, CITA akan mendapatkan keuntungan atas penyertaan yang dilakukan kedua perusahaan patungan itu.

Untuk diketahui, 65 persen porsi saham KAI dikuasai PT Adaro Indo Aluminium. Kemudian, Aumay Mining Pte. Ltd memegang 22,5 persen saham KAI dan CITA memgempit 12,5 persen saham KAI.

Sedangkan pada KPI, CITA hanya punya 10,49 persen. Selebihnya, sebesar 89,85 persen porsi saham KPI dikuasai PT Adaro Power.

 


https://pasardana.id/news/2023/2/23/smelter-aluminium-cita-dan-adaro-tengah-cari-pinjaman-usd1-8-miliar/

Yulia Vera

Recent Posts

BCA Ajak 92 Pelaku UMKM Ikuti Program Workshop Sertifikasi Halal UMKM 2024 di Medan

Beritamu.co.id - Sebagai wujud nyata atas dukungan BCA terhadap kemajuan UMKM Indonesia, PT Bank…

4 mins ago

Indeks Nikkei Melonjak 1,53 Persen

Beritamu.co.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, melonjak 568,58 poin, atau…

35 mins ago

Indeks Kospi Naik 0,49 Persen

Beritamu.co.id - Indeks Kospi di Bursa Efek Korea, Seoul, Korea Selatan, naik 12,57 poin,…

1 hour ago

PELNI Salurkan Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi Poltekpel Surabaya

Beritamu.co.id-PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) menyalurkan bantuan dana beasiswa bagi mahasiswa…

2 hours ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Diperkirakan Cenderung Bergerak di Zona Hijau

Beritamu.co.id - Riset harian FAC Sekuritas menyebutkan, pada perdagangan kemarin (19/9), IHSG ditutup menguat…

3 hours ago

ANALIS MARKET (20/9/2024) : IHSG Berpeluang untuk Terus Menguat

Beritamu.co.id - Riset harian Kiwoom Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (19/9), IHSG ditutup menguat +0,97% ke level…

3 hours ago