Categories: MARKET

Jurus AXA Mandiri Indonesia Hadapi Tahun Resesi

Beritamu.co.id – Perusahaan asuransi jiwa AXA Financial Indonesia telah menyiapkan sejumlah strategi dalam menghadapi tahun 2023 yang diproyeksi akan menjadi tahun yang cukup menantang, seiring adanya ancaman resesi dunia dan ketidakpastian kondisi politik global.

Menurut Niharika Yadav selaku President Director AXA Financial Indonesia, pihaknya tetap optimistis dan akan terus meningkatkan kinerja perusahaan, dimana hingga kuartal III 2022, perseroan terus menunjukkan neraca yang kuat dengan membukukan total aset sebesar Rp 6,45 triliun dan mempertahankan posisi RBC sebesar 406% di bisnis asuransi jiwa konvensional dan 9,431% untuk unit usaha syariah.

“Angka tersebut di atas ketentuan rasio solvabilitas minimum OJK sebesar 120%,” terang Niharika Yadav di Jakarta, Jumat (16/12).

Lebih lanjut dijelaskan, di tahun 2021, perseroan juga menunjukkan total pendapatan yang stabil dengan premi sebesar Rp 1,32 triliun.

Kinerja positif ini didorong oleh pembaruan dan persistensi kebijakan pelanggan yang kuat didukung oleh keberhasilan perusahaan dalam mengelola risiko dan efisiensi biaya.

AXA Financial Indonesia juga berhasil membukukan laba bersih korporasi setelah pajak sebesar Rp 125,9 miliar.

Sementara itu, pada tahun 2021, AXA Financial Indonesia telah membayar total klaim sebesar Rp450 miliar, termasuk Rp167,5 miliar terkait COVID-19 sebagai komitmen perusahaan untuk memberikan perlindungan kepada pelanggan khususnya di tengah pandemi.

“Sebanyak 30% dari klaim kami dibayarkan untuk pengajuan klaim COVID-19. Di tahun 2021, kita tahu bahwa Indonesia dilanda pandemi gelombang ke-2 dan kita menunjukkan komitmen kita untuk selalu menjadi mitra pelanggan kapan saja,” bebernya lagi.

Lebih rinci disampaikan, Total Pendapatan Premi perseroan berasal dari:

-Produk: 47% Asuransi Kesehatan, 28% Produk Unit Link, 25% Asuransi Jiwa Tradisional.

-Melalui LoB: 89% melalui Agensi dan 11% melalui distribusi Alternatif.

“Ini menunjukkan agensi masih lebih besar porsi dibandingkan dengan distribusi alternative,” jelas Niharika Yadav.

Di kesempatan yang sama, Arta Magdalena selaku Director AXA Financial Indonesia juga menyampaikan, guna menyikapi pesatnya perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat di era digital, perseroan telah menghadirkan platform ‘Emma’ untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan.

“Ambisi kami untuk menjadi perusahaan penyedia asuransi kesehatan terkemuka, tidak hanya akan diwujudkan dengan memberikan solusi produk, tetapi juga berbasis teknologi digital terkait layanan kesehatan, dan semua ini dapat ditemukan di ‘Emma’. Selain itu, hal ini juga sejalan dengan komitmen perusahaan untuk terus memberikan dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan mendukung niat kami untuk menjadi mitra bagi pelanggan kami dan bukan hanya pembayar klaim,” beber Arta Magdalena.

Asal tahu saja, ‘Emma’ adalah platform yang memungkinkan pelanggan untuk mengelola kebijakan mereka sendiri, di mana pelanggan dapat mengakses informasi seperti informasi premi, status polis, dan data pribadi.

Related Post

Melalui ‘Emma’, nasabah dapat mengakses dokumen dan informasi polis mereka sendiri, riwayat transaksi keuangan dan nonkeuangan, pembayaran premi, di antara informasi penting lainnya.

“Nasabah juga dapat mengubah data polis, mengajukan klaim, melihat histori klaim, bahkan melakukan live chat dengan perwakilan layanan pelanggan,” imbuhnya.

Lebih lanjut diungkapkan, perseroan juga berkomitmen dan secara profesional menhadirkan informasi medis yang tepercaya melalui layanan telekonsultasi AXA. Melalui layanan telekonsultasi ini, memungkinkan pelanggan untuk melakukan obrolan secara real time dengan dokter umum, spesialis, atau psikolog dalam suasana aman dan nyaman di rumah mereka sendiri.

Selain itu, pelanggan memiliki akses ke direktori rumah sakit pilihan, layanan VIP, dan pramutamu medis.

Pelanggan juga dapat mengakses database artikel kesehatan dan berpartisipasi dalam kelas kesehatan virtual untuk meningkatkan kebugaran dan memiliki akses ke sejumlah pedagang produk kesehatan.

Sementara itu, Cicilia Nina selaku Director AXA Financial Indonesia menyampaikan, bahwa untuk memperluas segmen pasar, perseroan juga telah menjalin kerjasama dengan Good Doctor Technology Indonesia sebagai mitra layanan kesehatan digital serta menjadi saluran distribusi alternatif dalam menyediakan produk asuransi kesehatan.

“Pada bulan Oktober, AXA Financial Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia, memperkuat kemitraan dalam menciptakan akses dan platform untuk solusi kesehatan digital bagi masyarakat dan pelanggan dengan menghadirkan produk AXA Good Health Insurance yang dapat dibeli melalui 3 saluran distribusi digital, yaitu Aplikasi Dokter Baik, GrabHealth powered by Good Doctor dan website www.axa.co.id,” beber Cicilia Nina.

Adapun dari sisi sumber daya manusia (SDM), lanjutnya, perusahaan memperkuat visi perusahaan dengan menghadirkan 3 Pilar Kerja Cerdas.

Pilar pertama; mengutamakan kesejahteraan karyawan. Area kerja digunakan untuk berkolaborasi, mengumpulkan kreatif gagasan dan membangkitkan semangat karyawan. Selain itu juga mengutamakan fisik dan kesehatan mental karyawan untuk mencapai work-life balance yang lebih baik.

Pilar kedua adalah; pemberdayaan yang memungkinkan pimpinan perusahaan menjadi panutan dan merangkul tim di lingkungan kerja pilihan mereka, dengan tetap bertanggung jawab mengutamakan integritas, untuk menyelesaikan pekerjaan secara efektif baik di kantor maupun di luar kantor. Pimpinan perusahaan juga diharapkan dapat walk the talk, melaksanakan smart working, mengelola tim dengan penuh kepercayaan, dan mendukung tim untuk bekerja secara optimal.

Adapun untuk Pilar ketiga, fleksibilitas dengan akuntabilitas, misalnya; karyawan AXA Financial Indonesia dapat memilih untuk bekerja hingga 40% dari rumah atau lokasi yang diinginkan. Ini juga didukung dengan infrastruktur yang tepat yaitu penyediaan alat kerja yang memadai, teknologi yang berfungsi mulus baik di kantor maupun di rumah. Pada akhirnya bertujuan untuk menciptakan kinerja maksimal dan budaya keterlibatan yang tinggi.

Smart Working dapat mengurangi perjalanan, akan mengurangi jejak karbon, penggunaan listrik dan air yang lebih sedikit. Dalam penerapan Smart Working, perusahaan menekankan pada perubahan budaya perusahaan, baik dalam hal metode kerja maupun perilaku. Smart Working akan membantu kita menemukan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik, menggunakan sumber daya dengan cara yang lebih berkelanjutan, dan bekerja lebih efisien dengan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk perjalanan, yang semuanya berkontribusi pada ketahanan karyawan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Penerapan budaya Kerja Cerdas ini merupakan bukti salah satu komitmen perusahaan dalam mengutamakan kesehatan fisik dan mental karyawan,” pungkas Cicilia Nina.


https://pasardana.id/news/2022/12/17/jurus-axa-mandiri-indonesia-hadapi-tahun-resesi/

Yulia Vera

Recent Posts

Abu Vulkanik Gunung Lewotobi Masih Menyebar, Tiga Bandara Ini Belum Beroperasi

Beritamu.co.id – Hingga Jumat (15/11/2024) sejumlah bandara dan penerbangan di sekitar wilayah erupsi Gunung…

4 hours ago

Mendag: Singapura Tawarkan Pembahasan Kerja Sama Digital dan Fasilitasi Perdagangan bagi UMKM

Beritamu.co.id – Menteri Perdagangan (Mendag), Budi Santoso melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Keberlanjutan dan…

5 hours ago

Apresiasi Stakeholders Pasar Modal Syariah Indonesia, BEI Selenggarakan Jogja Sharia Investor City 2024

Beritamu.co.id – Sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan investor saham syariah serta memberikan apresiasi kepada stakeholders…

5 hours ago

Sepekan Perdagangan, Kapitalisasi Pasar di BEI Tercatat Sebesar 12.063 Triliun, Turun 1,46% Dibanding Pekan Sebelumnya

Beritamu.co.id - Data perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama sepekan perdagangan pada…

6 hours ago

Harga Tiket Pesawat Kapan Turun? Kemenhub: Segera Diumumkan jika Rekomendasinya Keluar

Beritamu.co.id – Satuan Tugas (Satgas) Penurunan Harga Tiket Pesawat yang terdiri dari Kementerian Koordinator…

6 hours ago

Dukung Keberlanjutan, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia Gandeng Bumi Baik untuk Tanam Pohon Trembesi di Waduk Brigif, Jagakarsa

Beritamu.co.id – Gerakan pelestarian lingkungan kini semakin masif digalakkan oleh seluruh sektor industri, tak…

7 hours ago