Home Bisnis MARKET KAI Dapat Suntikan Dana PNM Rp3,2 Triliun Buat Proyek KCJB

KAI Dapat Suntikan Dana PNM Rp3,2 Triliun Buat Proyek KCJB

12
0

Beritamu.co.id – PT KAI (Persero) mendapatkan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 3,2 triliun.

Suntikan dana tersebut telah disetujui Komisi VI DPR RI untuk mendukung penyelesaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang mengalami pembengkakan biaya.

“Komisi VI DPR RI menyetujui tambahan PMN tahun 2022 kepada KAI sebesar Rp 3,2 triliun yang berasal dari cadangan investasi APBN 2022 dalam rangka pemenuhan permodalan porsi Indonesia atas cost overrun proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung,” kata Ketua Komisi VI, Aria Bima, Rabu (23/11).

Adapun, Komisi VI DPR RI meminta Kementerian BUMN memastikan tambahan PMN itu bisa menyelesaikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara tepat waktu, yakni Juni 2023 dan tidak menimbulkan pembengkakan biaya lagi.

Setelah mendapat persetujuan dari Komisi VI DPR RI, selanjutnya dibutuhkan persetujuan dari Komisi XI DPR RI supaya PMN buat Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa cair.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo berharap, PMN buat Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa cair selambat-lambatnya Desember 2022 agar proyek tidak molor lagi.

Baca Juga :  Indeks Kospi Berakhir Datar

Kereta Cepat Jakarta-Bandung sendiri ditargetkan bisa operasi terbatas Juni 2023. Progres fisiknya saat ini mencapai 81,66% dan progres investasi mencapai 91,40%.

“Kami meyakini, insya Allah apabila dukungan PMN dan pendanaan dari CBD bisa kita cairkan di bulan Desember ini, insya Allah skejul Juni-Juli (2023) ini bisa kita capai,” ucap pria yang akrab disapa Tiko.


https://pasardana.id/news/2022/11/24/kai-dapat-suntikan-dana-pnm-rp3-2-triliun-buat-proyek-kcjb/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here